nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Praktis Mengolah Chicken Wings yang Lezat Menggugah Selera

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 06:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 17 298 1846429 5-tips-praktis-mengolah-chicken-wings-yang-lezat-menggugah-selera-gVjlVQ2PPG.jpg Tips mengolah sayap ayam (Foto:Seriouseats)

 

OLAHAN sayap ayam atau lebih dikenal dengan sebutan chicken wings merupakan salah satu kudapan favorit yang banyak digemari berbagai kalangan. Apalagi kalau bukan karena tekstur kulitnya yang empuk dan balutan sausnya yang menggugah selera.

Dilansir dari Food Beast, Kamis (18/1/2018), penduduk Amerika Serikat bahkan menghabiskan lebih dari 1,33 miliar potong sayap ayam saat menyaksikan Super Bowl 2017. Nah, jika Anda tertarik untuk membuat sendiri olahan chicken wings di rumah, berikut Okezone rangkumkan 5 tips dan trik yang wajib Anda ketahui.

BACA JUGA:

Chef Terkenal Ungkap 7 Kesalahan Terbesar saat Santap Kuliner Jepang

Potong sayap dengan teliti

Ketika membeli sayap ayam di supermarket, biasanya Anda akan mendapatkan seluruh bagian sayap yang terdiri dari tiga bagian yakni, ujung sayap, wingette, dan drumette. Untuk mempermudah proses pengolahan, Anda bisa memotong bagian ujung sayap karena sangat mudah terbakar. Tidak usah dibuang, bagian tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat kaldu. Gunakanlah pisau tajam, untuk mempermudah proses pemisahan bagian ujung sayap dengan wingette.

Pisahkan bagian wingette dan drumette

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memisahkan bagian wingette dan drumette. Teknik ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan bagian sayap sesuai dengan selera. Jika ingin melangkahi tips berikut ini, Anda bisa membeli sayap ayam kemasan yang kini sudah banyak dijual di pasaran.

 

Dinginkan

Setelah mendapatkan beberapa potong sayap ayam, keringkanlah menggunakan paper towel. Kemudian taburi dengan kosher salt atau garam, lalu tata di atas loyang berukuran 15 x 10 x 10 cm. Langkah selanjutnya adalah memasukkan sayap ayam ke dalam lemari pendingin selama kurang lebih satu jam atau satu malam. Tips ini bertujuan untuk mengeringkan tekstur kulit sehingga akan terasa renyah ketika digoreng.

BACA JUGA:

Minum Wine Serasa bak Diteror Zombie "The Walking Dead"

Goreng pada suhu yang tepat

Sebelum menggorengnya, pastikan Anda menggunakan wajan berukuran besar agar dapat diisi dengan minyak yang cukup banyak. Pastikan Anda memanaskan minyak hingga mencapai suhu 375 derajat celcius, lalu goreng selama kurang lebih 8-10 menit hingga warnanya berubah cokelat keemasan. Angkat, lalu tiriskan pada paper towel hingga minyak terserap secara merata.

Bubuhi saus

Langkah terakhir adalah membaluri sayap dengan saus pilihan Anda. Disinilah kunci kelezatan chicken wings yang sesungguhnya. Ada beberapa pilihan saus yang bisa Anda gunakan untuk memperlezat olahan chicken wings, mulai dari buffalo wing sauce, spicy thai sauce, atau spicy barbecue sauce. Sesuaikanlah dengan selera Anda.

(ndr)

Berita Terkait

Chicken wings

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini