nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inilah yang Terjadi Pada Kaki bila Berolahraga Tanpa Sepatu

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 07:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 17 481 1846097 inilah-yang-terjadi-pada-kaki-bila-berolahraga-tanpa-sepatu-DRAax4J1Hd.jpg Sepatu Olahraga (Foto: Popular)

ANDA tentu tahu bahwa olahraga membawa dampak kesehatan bagi tubuh. Waktu olahraga yang disarankan adalah minimal 45 menit, 3 sampai 5 kali per minggu. Padatnya aktivitas kadang membuat seseorang beralasan untuk tidak berolahraga. Padahal latihan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Ada gerakan yang mudah seperti workout di rumah.

Bagi pengguna smartphone, sudah banyak aplikasi yang menawarkan jasa untuk mengarahkan gerakan latihan yang bisa dilakukan di rumah. Bila Anda ingin mengikutinya, ada hal penting yang harus diingat. Anda harus tetap menggunakan sepatu. Jangan hanya karena gerakannya terlihat mudah dan dilakukan di rumah, lantas Anda bertelanjang kaki.

Menurut dokter spesialis olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, penggunaan sepatu berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan. “Olahraga low impact seperti senam mungkin bisa tidak menggunakan sepatu. Akan tetapi sekarang ini, senam yang terlihat bukan lagi aerobik melainkan anaerobik,” tutur dr Michael saat dihubungi Okezone melalui sambungan telepon, Rabu (17/1/2018).

Ya, beberapa gerakan di aplikasi memang mengarahkan penggunanya untuk melakukan gerakan seperti melompat. Meskipun terlihat sederhana, sebenarnya gerakan tersebut tergolong high impact. Sama halnya dengan olahraga lompat tali dan berlari.

Benturan langsung pada kaki yang terjadi terus menerus karena tidak menggunakan sepatu dapat memberikan dampak negatif pada kaki. “Benturan langsung diarahkan ke tulang dan sendi yang berhubungan dengan engkel, panggul, dan lutut,” tambah dr Michael. Dengan begitu, risiko seseorang mengalami cidera karena berolahraga tidak menggunakan sepatu menjadi lebih besar.

Dijelaskan oleh dr Michael banyak orang yang memilih untuk berolahraga untuk membuat telapak kakinya menjadi lebih kuat dan tahan benturan. Hal itu benar adanya karena kulit telapak kaki mengalami penebalan dan lebih keras, dikenal juga dengan istilah kapalan. Hanya saja kapalan dapat menimbulkan retakan pada kulit. Bila itu sampai terjadi, maka akan menimbulkan luka dan infeksi yang sulit untuk dibersihkan.

Kembali lagi, berolahraga tanpa alas kaki memang diperbolehkan asal gerakan yang dilakukan tidak berlebihan sehingga tidak terjadi benturan. Selain itu, hanya menggunakan elastic banned saja juga tidak disarankan. Anda tetap harus menggunakan sepatu dan kaus kaki saat melakukan gerakan yang menimbulkan benturan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini