Luangkan Waktu Jalan Kaki 30 Menit, Ini Sederet Manfaatnya untuk Tubuh

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 17 481 1846309 luangkan-waktu-jalan-kaki-30-menit-ini-sederet-manfaatnya-untuk-tubuh-Pq2nUYzIFj.jpg Ilustrasi (Foto: Alamy)

JALAN kaki harus diterapkan sebagai solusi untuk beraktivitas fisik secara rutin. Setiap orang harus melakukannya supaya tidak lupa membakar kalori.

Berjalan kaki bukan tidak ada manfatnya jika dilakukan secara rutin. Tentu dalam jangka panjang manfaatnya bisa menjaga kesehatan dari penyakit kronis.

Anda harus tahu sederet manfaat dari kegiatan jalan kaki yang bisa diterapkan di mana saja. Budaya ini seharusnya juga dilakukan oleh orang-orang Indonesia yang mungkin malas berolahraga.

Dilansir Thehealthsite, Rabu (17/1/2018), berikut adalah 7 manfaat jalan kaki bila rutin diterapkan. Jangan mengabaikan kebiasaan ini supaya ada manfaatnya.

 (Baca Juga: Baru Jadian Jangan Terlalu Sering Pacaran, Ini Alasannya Menurut Pakar)

Detak jantung normal

Setiap orang harus menjaga detak jantung supaya meningkatkan sirkulasi darah dengan tepat. Anda juga harus mengendalikan tekanan darah serta menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jangan lupa tingkatkan kolesterol baik supaya kesehatan jantung tetap terjaga.

Meningkatkan metabolisme

Anda harus merangsang sistem pencernaan agar buang air besar lancar. Seseorang harus melakukannya supaya mudah meningkatkan metabolsime. Masalah pencernaan harus dicegah supaya tidak ada masalah lainnya yang berbahaya.

Mencegah osteoporosis

Jalan kaki setiap hari dapat memperkuat tulang, apalagi kalau Anda sering jalan kaki di bawah terik sinar matahari pagi. Anda akan mendapatkan sumber vitamin D yang baik untuk memperkuat tulang. Vitamin D dan kalsium penting diserao oleh tubuh, terutama bagi wanita agar bisa mencegah tulang rapuh.

Kuatkan otot

Berjalan setiap hari juga membantu mengencangkan otot dan meningkatkan rasio otot lemak di tubuh kita. Hal ini menghasilkan lengan kencang, paha dan pantat. Dengan berjalan kaki, Anda juga lebih cepat berkeringat daripada harus pergi ke gym.

Kuatkan sistem kekebalan tubuh

Jika ingin memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mendorong tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah putih, Anda harus banyak berjalan kaki. Pastinya jika tubuh kuat Anda bisa menurunkan risiko penyakit infeksi, seperti flu dan batuk. Penyakit ini sering terjadi dan bisa mengganggu aktivitas.

 (Baca Juga: Sedih! Bayi Perempuan Ini Punya Masalah Kesehatan Langka, Sang Ibu Memotretnya dan Kini Viral karena Dibully)

Lebih cepat merangsang otak

Jalan kaki rutin juga dapat meningkatkan aktivitas di sel otak kita. Hal ini mencegah hilangnya jaringan otak, yang secara langsung berhubungan dengan penurunan daya ingat alias pikun di usia tua. Dalam jangka panjang, sering jalan kaki juga bisa mencegah penyakit alzheimer.

Perbaiki mood

Di waktu pagi hari atau sore hari Anda bisa mendengarkan musik sambail jalan santai. Cara ini cepat membangkitkan mood seseorang. Anda juga tidak mudah tertekan dengan suatu masalah yang bisa memicu stres.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini