5 Cara Cegah Produksi Sperma Berkualitas Buruk

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 00:13 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 17 481 1846413 5-cara-cegah-produksi-sperma-berkualitas-buruk-ifjyCrBumC.jpg Ilustrasi (Foto: Thesun)

KUALITAS sperma yang baik ditentukan oleh gaya hidup seorang pria. Anda harus memperhatikannya demi mendapatkan keturunan sesuai target.

Pria dengan sperma yang buruk bisa mengakibatkan gagalnya ejakulasi dan pembuahan. Seorang wanita sebagai pasangannya membutuhkan hal ini agar bisa segera hamil.

Sayangnya, tak sedikit pria peduli dengan gaya hidupnya. Banyak pasangan yang lama mendapatkan keturunan saat baru menikah.

Dilansir Readersdigest, Kamis (18/1/2018), berikut adalah lima trik yang membuat seorang pria memiliki kualitas sperma sehat. Ubah gaya hidup Anda seperti lima trik berikut ini.

 (Baca Juga: Di Balik Kecantikannya, Megan Fox dan Catherine Zeta Jones Punya Kebiasaan Jorok)

Jaga berat badan

Pria obesitas lebih mungkin memproduksi sperma yang kurang baik. Saat pertama ejakulasi biasanya encet. Studi dari Harvard School of Public Health menyebutkan, 11% pria yang mengalami kondisi ini berat badannya tidak ideal. Bahkan, sebagian dari mereka cenderung sulit ejakulasi dengan sempurna.

Kontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi dan kolesterol dapat memicu disfungsi ereksi pada pria, akibatnya memicu penurunan produksi sperma. Sebagai pria Anda harus menjaga risiko hipertensi yang berbahaya.

Kelola stres

Stres juga berkaitan dengan masalah kesuburan yang kerap dialami wanita. Peneliti dari Columbia University Mailman Scholl of Public Health, New York menyebutkan, pria yang sering cemas dan stres, memproduksi sedikit sperma yang berkualitas.

 (Baca Juga: Luangkan Waktu Jalan Kaki 30 Menit, Ini Sederet Manfaatnya untuk Tubuh)

Jauhi rokok

Merokok dampaknya jelas buruk untuk organ paru. Terlebih, pria merokok juga memiliki kesuburan sperma yang minim. Pusat fertilitas di Inggris menyebutkan, pria merokok cenderung memiliki dampak sperma yang tidak lancar, apalagi saat ejakulasi.

Tidur yang cukup

Studi di Boston University School of Public Health melakukan observasi terhadap 800 pasangan. Nah, bagi peserta pria diminta tidur ķurang dari 6 jam semalam. Selebihnya, mereka diminta untuk tidur cukup selama 8 jam. Bagi peserta yang tidur cukup, kemungkinan besar bisa hamil lebih cepat dan manjur.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini