Pameran Baju-Baju Korban Perkosaan di Belgia Bikin Hati Terenyuh

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 18 196 1846839 pameran-baju-baju-korban-perkosaan-di-belgia-bikin-hati-terenyuh-L5BAAb80rq.jpg Pemeran baju-baju korban perkosaan di Belgia (Reuters)

BRUSSELS – Sebuah pameran yang tak biasa diadakan di Brussels, Belgia. Pameran tersebut memajang baju-baju yang dipakai korban perkosaan dan pelecehan seksual.

Dilansir dari BBC, pameran tersebut dikoordinasi oleh organisasi sosial pemerhati korban perkosaan bernama CAW East Brabant. Pameran tersebut diselenggarakan di Distrik Molenbeek, Brussels. Baju-baju yang dipajang dipinjam dari korban-korban kekerasan seksual tersebut.

Pameran tersebut mengangkat tema “Apakah ini salahku?”. Tema tersebut merupakan gambaran banyaknya korban kekerasan seksual yang kehilangan rasa percaya diri hingga menyalahkan diri sendiri setelah menjadi korban.

“Apa yang Anda perhatikan saat mendatangi pameran ini? Itu adalah baju keseharian yang juga kerap Anda pakai? Benar kan? Bahkan ada baju anak-anak dengan gambar My Little pony,” ucap perwakilan CAW, Liesbeth Kennes.

 

Dalam keteranganya, Liesbeth ingin menggaris bawahi apa yang dipakai korban kekerasan seksual adalah baju-baju normal. Oleh karena itu perlu ditekankan korban adalah korban, mereka bukan pemicu terjadinya kekerasan seksual.

“Menyalahkan korban kekerasan seksual masih menjadi permasalahan tersendiri sekarang ini. Tak jarang korban malah diinvestigasi karena diduga berperan dalam terjadinya kekerasan seksual yang menimpa korban,” tegas Liesbeth.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini