nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Memilih Durian yang Manis & Bertekstur Sempurna

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 11:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 18 298 1846741 5-tips-memilih-durian-yang-manis-bertekstur-sempurna-LQLaoTBf53.jpg Cara memilih buah durian (Foto:Ist)

MESKI memiliki bau yang sangat menyengat, durian termasuk salah satu jenis buah tropis yang digemari banyak orang. Daya tarik durian sendiri terletak pada tekstur dagingnya yang empuk, serta cita rasa manis yang khas.

Mengingat tekstur kulit luarnya yang sangat tebal, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan durian yang manis dan enak. Berikut Okezone rangkumkan 5 tips memilih durian, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Kamis (18/1/2018).

BACA JUGA:

Awas, Sering Keluar Keringat di Malam Hari Bisa Jadi Indikasi Kanker Ini

Perhatikan tangkai

Kesegaran buah dapat ditentukan dari tangkainya. Apabila buah telah terjatuh dari pohon, tangkainya akan mulai mengering. Penjual yang tidak jujur akan mencoba untuk membalut atau mengecat tangkai untuk menghalangi pembeli mengenali kesegarannya. Penjual yang kurang pintar mungkin akan membuat tangkai durian.

Guncang buah

Kebanyakan pencinta durian, menyukai buah yang kering dan matang. Cara mudah untuk mengetahui apakah isi durian itu kering tanpa membuka buah adalah dengan menggoncangkan buah dan merasakan getaran kecil Isi durian yang lembap melekat pada kulit buah. Isi durian yang kering cenderung berpisah dari dinding buah. Anda harus berhati-hati saat melakukan trik ini, agar tidak tergores duri buah durian.

Jangan beli buah yang berlubang

Ada kemungkinan durian diserang oleh ulat perusak yang bertelur di dalam buah. Telur tersebut terkadang akan berkembang menjadi larva. Ketika membeli durian, Anda harus menghindari buah yang berlubang pada kulitnya karena seringkali menjadi tanda adanya “ulat” di dalam buah.

BACA JUGA:

5 Tips Praktis Mengolah Chicken Wings yang Lezat Menggugah Selera

Hindari memilih durian berdasarkan warna

Hal terpenting yang harus Anda ketahui adalah kualitas buah durian tidak dapat diketahui hanya dengan melihat warnanya. Kebiasaan ini harus Anda tinggalkan karena beberapa jenis durian memiliki variasi warna yang cukup beragam seperti, hijau, kuning, dan cokelat. Kulitnya yang berwarna hijau belum tentu memiliki daging buah mentah, begitupun sebaliknya

Perhatikan bentuknya

Biasanya, durian yang berbentuk bulat memiliki daging buah berwarna kuning dan tingkat kematangan yang pas. Sementara itu, durian yang memiliki bentuk lebih lonjong, dagingnya cenderung lebih sedikit.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini