10 Salad Eksotis dari Penjuru Dunia, Nomor 4 Orang Indonesia Pasti Suka!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 05:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 18 298 1847083 10-salad-eksotis-dari-penjuru-dunia-nomor-4-orang-indonesia-pasti-suka-dkpTpT1EtT.jpg Salad (Foto: Delish)

MENDENGAR kata hidangan salad, maka sebagian besar orang akan langsung terpikir hidangan yang tidak ada rasanya alias hambar dan membosankan.

Anggapan di atas mungkin dikarenakan selama ini yang sering dilihat adalah hidangan salad yang itu-itu saja. Padahal sebetulnya, tidak semua sajian salad itu hambar dan membosankan loh. Contohnya 10 hidangan salad yang eskotis dan menarik di bawah ini. Apa saja? Menyitat Ndtv, Jumat (18/1/2018) berikut ulasannya.

Californian Cobb, Amerika Serikat 

Salad Cobb ini disebutkan sebagai salah satu masakan khas Amerika, dibuat dengan menggunakan ayam (panggang atau direbus), lokio, keju Roquefort, vinaigrette anggur merah, daging bacon, alpukat, keju dan telur. Hidangan ini dipercaya ditemukan pada tahun 1930 di restoran Hollywood Brown Derby di Amerika, yang kemudian menjelma menjadi hidangan signature restoran tersebut, maka dari itu diberi nama salad Cobb, nama dari pemilik restoran yang bersangkutan, Robert Howard Cobb.

Tuscan Panzanella, Italia 

Dikenal dengan nama Panmolle, salad ini berasal dari Italia dan biasanya dibuat dengan irisan roti yang direndam dalam minyak zaitun, lalu juga bawang merah, tomat, cuka dan garam. Dalam salad ini, roti kubus memainkan peran penting di sini karena hadir sebagai isian yang cukup untuk dimakan.

New York Waldorf, Amerika Serikat

Juru masak bernama Oscar Tschirky dari Hotel Waldorf adalah sosok di balik hadirnya salad Waldorf ala New York ini. Ialah yang membuat salad dari campuran kenari, seledri, apel, anggur, dan mayo di atas selada, juga terkadang dengan tambahan berupa termasuk jeruk dan lemon.

Gado-gado, Indonesia 

Nama gado-gado di sini kurang lebih diartikan sebagai sesuatu yang dicampur. Salad khas Indonesia ini, seperti diketahui terbuat dari berbagai jenis bahan. Mulai dari potongan tahu, tempe, kentang, kacang panjang, kol, jagung manis, yang semuanya kemudian disiram dengan saus kacang. Selain di Indonesia, gado-gado juga banyak tersedia di restoran khas masakan Indonesia di luar negeri.

Israeli, Israel 

Juga dikenal sebagai salad Arab dan merupakan salah satu hidangan nasional paling konvensional di Israel. Terdiri dari sayuran yang dicincang halus. Salad ini disebutkan adalah salah satu bagian penting dari hidangan sarapan tradisional di Israel.

Dressed Herring, Rusia 

Salad berlapis yang terdiri dari sayuran rebus yaitu kentang, akar bit, wortel, kemudian ada juga bawang merah cincang, dan mayones. Kemudian terdapat juga lapisan yang terdiri dari irisan apel, lalu lapisan terakhir dibuat dengan menggunakan buah bit yang memberikan tampilan visual warna ungu pada salad. Sebagai garnish, tidak lupa juga disertakan telur rebus.

Spicy Ramen Noodle, Asia 

Salad mie satu ini penuh dengan bahan-bahan segar, contohnya wortel, green and purple garbage, almond panggang, ayam dan mie ramen. Saus dressing salad ini, hadir dengan cita rasa manis, tajam, benar-benar mengeluarkan rasa khas Asia.

Shieldzini, Jepang

Adalah salad ketimun Jepang, dibuat menggunakan bahan-bahan yaitu mentimun, gula putih, cuka anggur dan soy sauce yang kesemuanya mudah untuk disatukan, dan pada saat bersamaan juga menghadirkan rasa yang sangat lezat saat bersamaan. Untuk penyajian, lebih baik shieldzini disajikan segar-segar karena jika tidak mentimun bisa keburu layu.

Fiambre, Guatemala 

Ini adalah hidangan tradisional Guatemala yang dimasak dan dimakan setiap tahun untuk merayakan Hari Orang Mati " Day of the Dead". Salad ini disajikan dingin dan terdiri hingga 50 bahan. Bahan-bahan yang biasanya dipakai ialah berbagai sosis, acar jagung dan bawang merah, bit, bunga pacaya, aneka keju, buah zaitun, ayam, dan bahkan kubis Brussel.

Nicoise, Prancis 

Aslinya, salad ini berasal dari kota Nice di Prancis. Di dalam salad ini ada kentang, tuna, kacang-kacangan, buah polong, ikan asin, dan minyak zaitun sebagai dressing. Dalam pembuatannya, kebanyakan sayuran mentah lah yang digunakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini