nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Ini 5 Penyebab Hilangnya Suku Aztec dari Peradaban

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 10:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 18 406 1846704 ternyata-ini-5-penyebab-hilangnya-suku-aztec-dari-peradaban-UKqV9SqvsI.jpg Peninggalan suku Aztec (Foto: Lolwot)

SUKU Aztec merupakan salah satu suku yang sudah ada di dunia sejak awal abad ke 13. Suku nomaden di utara Meksiko ini tiba di Mesoamerika, kemudian muncul sebagai suku yang dominan di Meksiko tengah.

Kekaisaaran Suku Aztec berhasil mengembangkan organisasi sosial politik, agama, dan kegiatan komersial yang membawa banyak negara menjadi di bawah kendali mereka pada abad ke 15. Namun, lambat laun kekaisaran Suku Aztec runtuh dan digulingkan oleh conquistador Spanyol Hernan Cortes pada 1521, penyerbuan tersebut sekaligus mengakhiri peradaban asli Mesoamerika yang terakhir.

Akan tetapi, masih ada sederet penyebab lainnya yang menyebabkan Suku Aztec hilang dari peradaban dunia. Melansir dari IP Factual, Kamis (18/1/2018), berikut daftar penyebab tersebut.

1. Reikarnasi

Suku Aztec mempercayai pemimpin mereka, yaitu Cortes, lebih dari sekadar laki-laki. Mereka juga percaya Cortes adalah reinkarnasi langsung dari Tuhan, yaitu Quetzalcoatl. Padahal, tanpa mereka sadari Cortes memiliki rencana untuk menaklukan kekaisarannya. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi musuh untuk merebut daerah kekuasaan saat pertempuran dimulai.

2. Kuda

Hewan terbesar yang pernah ditemukan dan ditaklukan Suku Aztec di antaranya rusa dan jaguar. Sementara, tentara Spanyol memiliki sebuah divisi yang terdiri dari tentara kuda. Hewan yang terkenal dengan tenaga dan kekuatannya ini tentu membuat Suku Aztec takut. Bahkan tidak hanya itu saja, Suku Aztec juga percaya jika kuda adalah juga Tuhan mereka. Rasa takut ini menjadi salah satu penyebab pada kekalahan terakhir mereka, karena mereka percaya tidak ada kemampuan atau hak untuk memperoleh kemenangan atas pasukan dewa. Pasukan tentara Spanyol yang berkuda disebut sebagai pasukan dewa oleh Suku Aztec karena menunggangi kuda yang mereka percayai sebagai Tuhan.

3. Pengorbanan manusia

Pengorbanan manusia menjadi bagian dari banyak budaya sepanjang sejarah dan masih dilakukan sampai sekarang dibeberapa kebudayaan di suku-suku yang masih ada. Pengorbanan tersebut dilakukan untuk membayar hutang atau memberikan sajian pada Tuhan. Ritual pengorbanan manusia jelas berbeda dengan pengorbanan binatang, namun Suku Aztec bukan satu-satunya yang melakukan pengorbanan manusia, tapi mereka melakukannya sering dan dengan cara yang spektakuler hingga dikenal dunia sebagai suku dengan ritual pengorbanan manusia.

Masih dari sumber yang sama, di bawah peraturan Suku Aztec, setidaknya ada ribuan orang tiap tahun yang dibunuh karena ritual ini. Beberapa sejarawan bahkan memperkirakan jumlahnya bisa mencapai 20 ribu orang pertahun. Dengan membunuh begitu banyak anggota suku mereka sendiri, hal tersebut tentu menurunkan populasi.

4. Penyakit

Saat datang ke tengah-tengah Suku Aztec orang Spanyol membawa senjata yang mematikan berupa seorang budah dari Afrika yang terinfeksi cacar. Orang-orang Aztec yang sebelumnya tidak memiliki kontak dengan penyakit ini, tidak pula memiliki kekebalan, dan pengetahuan tentang pengobatannya, dengan kehadiran budak tersebut, cacar dapat dengan mudah menyerang mereka. Cacar menyerang pembuluh darah pada kulit dan menyebabkan lecet nanah yang menyakitkan.

Orang-orang Aztec yang terkena penyakit ini sering dibiarkan buta, terluka parah, dan cacat.Penyakit cacar menghancurkan seluruh keluarga, tingkat kematian meningkat, hanya ada sedikit waktu untuk mengubur orang mati, mereka juga terpaksa menghancurkan rumah-rumah dengan mayat-mayat di dalamnya.

5. Kalah Taktik dengan Spanyol

Taktik perang tentara Spanyol berbeda dengan Suku Aztec, mereka menggunakan pengalaman yang didaptkan di Eropa, khususnya Italia. Spanyol memiliki pendekatan perang yang fleksibel dan modern. Selain itu, tentara Spanyol juga memiliki senjata yang lebih baik, meskipun primitif, tapi mereka memiliki senjaya api. Tentu saja mereka lebih unggul dan menang secara signifikan atas persenjataan Suku Aztec yang sederhana.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini