nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurang Tidur karena Sering Begadang Bikin Wanita Cepat Tua

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 18 481 1846808 kurang-tidur-karena-sering-begadang-bikin-wanita-cepat-tua-lUqatI5fVd.jpg Ilustrasi (Foto: Telegraph)

LAIDES, jangan abaikan kebiasaan begadang yang bisa menyebabkan kurang tidur. Dampak buruknya dari Anda kurang tidur adalah lebih cepat tua dalam jangka panjang.

Sayangnya, wanita yang terbiasa dengan insomnia mengabaikan hal ini. Tubuhnya memang lebih kebal, namun ada dampak yang buruk mengintai.

Dilaporkan sepanjang tahun 2017, ada sekira 47% wanita kurang tidur. Banyak dari mereka yang kurang tidur karena menyelesaikan pekerjaan dan masalah lain.

Para peneliti pun penasaran dengan efek samping yang dihadapi wanita saat kurang tidur. Rupanya temuan menunjukkan jika mereka lebih cepat tua dari usianya.

Karena kurang tidur, wanita bisa sering mengeluh lelah. Apalagi bagi mereka yang sudah menopause dan hamil. Pasti masalah kurang tidur selalu dialami tanpa disadarinya.

Namun, para ahli telah memperingatkan bahwa dampak kurang tidur bisa membuat kondisi seorang wanita cepat lelah. Masalah ini tidak boleh diabaikan terus-menerus.

Studi tersebut menemukan bahwa sebagian besar wanita yang kurang tidur, satu dari empat mengalami gejala yang memperburuk kondisi kesehatannya.

Profesor John Stradling, seorang ahli tidur di Universitas Oxford mengatakan, seringkali wanita berpikir bahwa perasaan lelah hanyalah bagian dari kehidupan di zaman modern. Padahal sebenarnya bisa menjadi sesuatu yang lebih serius.

"Hidup seorang wanita sering mengeluh lelah karena bebannya tidak bisa diobati, sehingga berisiko mengalami penurunan kualitas hidup dan kondisi kesehatan yang serius," kata Profesor Stardling, dilansir Telegraph, Kamis (18/1/2018).

(Baca Juga: Bukan Gal Gadot atau Emilia Clarke, Inilah 10 Wajah Wanita Tercantik di Dunia 2017)

Survei yang dilakukan oleh YouGov, menyurvei 4.100 orang dewasa Inggris. Ada temuan 46% wanita yang meninggal dunia merasa sulit untuk tidur, bila dibandingkan dengan 36% pria.

Tidak hanya itu, namun wanita lebih cenderung terbangun pada malam hari. 6 di antaranya mengaku mudah tersinggung di siang hari karena kelelahan.

Selain mudah tersinggung, kurang tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Biasanya kondisi tersebut menyebabkan mendengkur dan lambat bernapas.

Pada kasus yang lebih serius, bila tidak diobati, kondisinya bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Gejala gangguan selain insomnia meliputi mendengkur, kaki gelisah, kelelahan, sakit kepala, depresi dan nyeri otot.

(Baca Juga: Minum Teh pada Siang Hari Bikin Anda Tambah Kreatif)

Bill Johnston Ketua Sleep Trust Apnea mengatakan, gejala sleep apnea pengaruhnya terhadap kesehatan mungkin dialami seorang wanita karir. Mereka meminimalkan pekerjaaannya meski tengah malam.

"Wanita seperti ini perlu konsultasi dengan dokter untuk memahami bagaimana mereka tidur agar bisa tidur nyenyak. Kalau berlanjut, dampaknya bisa mengakibatkan gangguan kesehatan dan kematian dini," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini