nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika Bayi Alami Bingung Puting, Apa yang Harus Dilakukan?

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 13:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 18 481 1846828 ketika-bayi-alami-bingung-puting-apa-yang-harus-dilakukan-UNu5jtPEKa.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Mungkin Anda pernah mendengar istilah bingung puting. Ya, kondisi ini kadang terjadi pada bayi yang baru lahir. Bayi yang mengalami bingung puting akan kesulitan untuk menyusu langsung dari puting ibu. Lantas, apa sih penyebab dari bingung puting itu? Apakah semua bayi akan mengalaminya? Simak ulasannya seperti dilansir dari hellosehat.com.

Apa itu bayi bingung puting?

Bayi bingung puting adalah kondisi yang kerap kali terjadi ketika bayi sudah terbiasa dan nyaman minum susu dari dot dan kemudian sulit untuk mencari dan melekatkan mulutnya pada puting ibu ketika menyusu langsung di payudara ibu. Hal ini biasanya terjadi ketika bayi sudah mulai dibiasakan menggunakan dot sejak ia di bawah 4-6 minggu. Pada masa itu, si kecil masih beradaptasi dengan menyusu pada puting ibu,

Sebenarnya, setiap bayi yang lahir punya naluri bagaimana caranya mengisap dan menyusu dari puting payudara ibunya. Namun, ketika ia sudah diberikan dengan dot, maka setelah itu ia akan mengalami bingung puting. Pasalnya, menyusu dari puting memang lebih sulit, bayi harus mengisapnya dengan cukup keras agar ASI bisa keluar.

Maka itu, ketika si kecil diberikan dot yang jauh lebih mudah untuk diisap, bayi akan merasa nyaman. Nah, ketika ASI kembali diberikan langsung melalui puting, bayi akan merasakan kesusahan dan akhirnya mengalami bingung puting.

Apa yang menyebabkan bingung puting pada bayi?

Beberapa kasus mungkin terjadi karena masa adaptasi bayi ketika menyusu dari puting terganggu, sehingga membuatnya bingung. Namun, pada kasus lainnya, hal ini bisa saja terjadi akibat ada masalah atau gangguan ketika si kecil menyusu pada puting langsung.

Misalnya, akibat bayi tak dapat ASI yang cukup, yang biasanya disebabkan oleh jumlah ASI yang tak cukup, puting lecet atau luka, dan saluran payudara yang tersumbat ASI. Penyebab lain juga bisa disebabkan oleh kondisi bayi yang sedang lemah, sehingga tak mampu untuk menyedot ASI dari puting.

Apa yang harus dilakukan jika si kecil bingung puting?

Pertama-tama, sebaiknya ketahui dulu penyebab dari bingung puting yang terjadi pada si kecil. Jika memang hal ini terjadi akibat ia tidak bisa melekatkan mulutnya dengan tepat pada puting, maka Anda harus memperbaiki posisinya agar ia nyaman dan bisa mendapatkan ASI.

Selain itu, hindari penggunaan botol dulu, agar si kecil bisa kembali belajar menyusu langsung dari puting. Jika memang si kecil sudah terbiasa menyusu dari puting ibu, maka memberikan ASI dengan botol sesekali jadi tak masalah lagi.

Apakah hal ini akan memengaruhi si kecil?

Bila bingung puting terjadi dalam waktu yang lama, tentu saja akan memengaruhi kesehatan serta tumbuh kembangnya. Ketika itu terjadi, berarti si kecil tidak mendapatkan makanan serta nutrisi yang seharusnya ia dapatkan.

Jadi, saat ia mengalami hal ini, sebaiknya Anda jangan menyerah untuk memberikan si kecil ASI langsung dari payudara. Biarkan si kecil beradaptasi kembali dan pastikan bahwa posisi menyusui Anda sudah benar, sehingga lebih mudah untuk bayi menyedot ASI dari puting. Bila perlu, konsultasikan masalah yang Anda alami dengan dokter laktasi.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini