nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Alasan Mengapa Anda Perlu Minum 8 Gelas Sehari

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 04:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 18 481 1847058 6-alasan-mengapa-anda-perlu-minum-8-gelas-sehari-26zxMJ8SAS.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

AIR putih merupakan minuman ajaib yang paling sering diremehkan oleh sebagian besar orang. Hal ini mungkin disebabkan karena minuman tersebut tidak memiliki rasa seperti jenis minuman lainnya.

Padahal, air putih merupakan salah satu minuman sehat yang harus Anda konsumsi agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Seperti yang sudah sering Anda dengar sebelumnya, minum 8 gelas air putih setiap hari dipercaya dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme, menjaga kesehatan usus, serta menghindari Anda dari dehidrasi dan rasa lelah.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Okezone rangkumkan 6 manfaat minum air putih secara rutin, sebagaimana dilansir dari Times of India, Jumat (19/1/2018).

Menurunkan berat badan

Selain menerapkan program diet, meminum air putih secara rutin juga merupakan cara terampuh untuk menurunkan berat badan. Apalagi jika Anda meminum lebih banyak air, makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih mudah dicerna, serta meningkatkan metabolisme. Selain itu, air putih juga dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih cepat, sehingga Anda akan mengonsumsi makanan lebih sedikit dari porsi yang disajikan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti diketahui, air putih mengandung banyak oksigen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Dalam arti lain, meminum air secukupnya dapat memastikan darah membawa banyak oksigen ke semua sel di dalam tubuh.

Mencegah keseleo dan kejang

Gaya hidup yang terus mengalami pergeseran, membuat sebagian besar orang mengonsumsi lebih banyak minuman berkafein dan alkohol. Kedua minuman inilah yang akan membuat tubuh mengalami dehidrasi, hingga menyebabkan kejang dan pembengkakkan. Mengonsumsi air putih secara rutin dapat melumasi sendi tulat dan menjaga otat agar tetap elastis.

Mencerahkan kulit

Tahukah Anda, makanan cepat saji mengandung racun yang dapat membuat kulit terlihat kusam? Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi air putih yang cukup untuk mencerahkan kulit serta mengurangi risiko terkena jerawat.

Mengurangi sakit kepala

Pernah mendengar terapi air (water therapy)? Dalam dunia kesehatan, terapi ini menjadikan air putih sebagai obat yang ampuh untuk mengurangi kadar asam di dalam tubuh, serta mengurangi sakit kepala. Mengonsumsi 8 gelas air juga merupakan obat mujarab untuk menghilangkan migrain dan sakit punggung.

Menambah stamina

Fakta yang satu ini mungkin terdengar sangat filosofis. Namun menurut penelitian, meminum air lebih banyak dapat membuat Anda tetap fokus serta meningkatkan stamina.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini