nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anda Tim Mana, Teh Celup atau Teh Tubruk? Ketahui Plus Minus-nya

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Sabtu 20 Januari 2018 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 19 298 1847518 anda-tim-mana-teh-celup-atau-teh-tubruk-ketahui-plus-minus-nya-Vd0epOzi56.jpg Teh Tubruk (Foto: Bloody Delicius)

PERNAHKAH Anda pikirkan bahwa ternyata ada dua tipe manusia di muka bumi ini, yani mereka yang gemar meminum teh celup atau mereka yang konsisten meminum teh tubruk?

Pada dasarnya teh merupakan suatu minuman yang dihasilkan dari proses pengeringan daun, pucuk daun, tangkai daun yang berasal dari tanaman Camellia Sinensis. Menurut pakar kesehatan, teh memiliki kaya nutrisi yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Sebagian orang memilih teh celup karena alasan praktis, mudah dibuat, dan tidak repot saat meminumnya, tetapi tidak sedikit juga orang lebih memilih teh tubruk karena memberikan cita rasa yang nikmat. Lalu, manakah yang lebih baik di antara keduanya, teh celup atau teh tubruk? Simak ulasannya sebagai berikut, sebagaimana telah dilansir dari berbagai sumber.

Teh celup

Teh celup adalah teh yang cara penyeduhannya menggunakan kemasan kantong kecil. Setelah air berubah menjadi kecokelatan, maka kantong teh tersebut bisa diangkat dan dibuang. Proses pembuatan teh ini sangat praktis dan bersih tanpa ampas.

Sejarah teh celup bermula saat pedagang asal Amerika menjual teh dalam kemasan kantong kain kepada para pelanggan. Ia memilih kantong kain karena dianggap lebih murah dibandingkan dengan kemasan kaleng. Meskipun para pelanggannya sempat kebingungan, pada akhirnya mereka menyadari bahwa menyeduh teh dengan cara ini ternyata jauh lebih praktis karena tidak perlu membersihkan saringan. Hal ini membuat teh celup semakin diminati.

Namun, sebenarnya keberadaan kantong tersebut membuat khasiat teh menjadi berkurang. Sebab, daun teh yang dimasukkan ke dalam kantong harus diolah menjadi potongan yang sangat kecil. Hal ini menyebabkan kandungan kafein di dalam teh jadi lebih sedikit. Selain itu, jika kita membiarkan kantong teh berada di dalam cangkir maka akan menyebabkan kandungan kafein dan katekin terdegradasi dalam waktu yang cukup lama, sehingga kandungan antioksidan yang ada di dalam teh akan memudar. Sebab, seperti yang kita tahu, antioksidan sangat diperlukan bagi tubuh untuk membantu melawan radikal bebas. Juga, penggunaan kantong teh pun dianggap meminum teh jadi tidak alami.

Teh tubruk

Teh tubruk adalah teh yang dibuat dengan cara mencampurkan teh dengan air. Proses pembuatannya tanpa disaring, sehingga remah-remah daun teh yang berada di dalam permukaan air masih tampak jelas. Selain daun teh, di dalam teh tubruk terdapat pula berbagai macam dedaunan dan bunga. Hal ini membuat teh tubruk memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam dan nikmat. Meskipun penyeduhannya dikatakan ruwet, banyak penikmat teh tubruk mengaku bahwa di situlah letak seni-nya dalam menyesap minuman penimbul rileks ini.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini