nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dicampur dengan Mentega hingga Zavarka, Aneka Tradisi Minum Teh di Berbagai Negara

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 20 Januari 2018 08:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 19 298 1847525 dicampur-dengan-mentega-hingga-zavarka-aneka-tradisi-minum-teh-di-berbagai-negara-5Oq9enL7c0.jpg Tradisi minum teh (Foto: Wikipedia)

SETIAP negara di berbagai penjuru dunia, pastinya memiliki tradisi masing-masing, salah satunya adalah tradisi minum teh.

Tidak hanya Jepang atau China saja loh yang punya tradisi minum teh, banyak negara lain yang juga memiliki tradisi soal minum teh. Seperti apa tradisi minum teh di berbagai negara? Dihimpun Okezone dari berbagai sumber, berikut di bawah ini pemaparan singkatnya.

Maroko 

Maroko memiliki tradisi minum teh yang dinamakan 'Maghreb'. Bagi yang sudah pernah mengunjungi Maroko, pasti akan paham betapa pentingnya minuman teh mint dalam budaya Afrika Utara. Campuran dari teh hijau dan daun mint, teh ini kemudian diberi tambahan gula sebagai perasa manis. Di tradisi 'Maghreb', teh akan dituangkan dari ketinggian ke dalam wadah gelas yang mungil. Di Maroko, jika menolak diberi minuman teh saat ditawari oleh tuan rumah dianggap sebagai hal yang kasar atau dengan kata lain tindakan yang sangat tidak sopan.

Tibet 

Mentega mungkin bukanlah pasangan yang pertama dan biasa terlintas dalam pikiran banyak orang saat mendengar soal minuman teh. Namun inilah budaya meminum teh di Tibet, sebab masyarakat Tibet sangat mencintai menikmati minum teh yang dicampur dengan mentega yak dan garam. Minuman berenergi tinggi ini dianggap ideal untuk kehidupan di dataran tinggi Himalaya yang tinggi dan dingin.

Jepang 

Bicara soal tradisi minum teh di Jepang, pastinya tidak lepas dari tradisi 'Matcha Ceremony" yang dimiliki oleh negeri Matahari Terbit ini. Disebutkan, di Jepang teh merupakan bagian penting dari budaya makanan. Meskipun, keragaman teh di Jepang cukup besar, namun ketika seseorang menyebutkan kata "teh" tanpa menentukan jenisnya, maka yang dituju adalah teh yang warnanya hijau. Di Jepang ada sebuah upacara minum teh yang dikenal sebagai matcha, yaitu acara menyajikan teh hijau ke sekelompok kecil orang di salah satu kedai teh alias teahouse yang populer.

Inggris 

Tradisi minum teh seperti yang kita tahu, sudah sangat erat dengan budaya masyarakat di Inggris. Inggris disebutkan sebagai tempat di mana para orang-orangnya akan minum teh, walaupun sesaat sebelum berangkat tidur. Ya, memang orang Inggris dikenal dengan tradisi classic afternoon tea. Di tengah maraknya tren minum kopi, teh tetap jadi minuman panas pilihan pertama oleh populasi di Inggris.

Russia

Selain vodka, orang Rusia juga disebutkan cinta dengan teh. Sekarang, orang-orang Rusia menikmati apa yang disebut dengan Zavarka, yakni ritual meminum teh yang sangat kuat, disiapkan dalam pot teh terpisah sehingga memungkinkan tuan rumah untuk melayani tamu dalam beberapa putaran. Teh di Rusia sendiri biasanya secara tradisional dibuat di Samovar, jenis guci yang digunakan untuk merebus air yang terdapat teko teh dengan konsentrat teh di bagian atas. Orang-orang Rusia menuangkan beberapa konsentrat tersebut ke dalam cangkir, lalu kemudian mengisi cangkir itu dengan air, tergantung seberapa kuat teh yang ingin diminum. Jika berkunjung ke Rusia, jangan pernah ragu untuk minum teh dengan sepotong kue, karena menikmati teh tanpa pendamping apapun alias 'naked" dianggap sebagai tindakan yang tidak sopan.

China 

Menurut legenda, teh pertama kali ditemukan oleh kaisar Cina Shennong pada 2737 SM (sebelum masehi), ketika daun mati dari semak teh jatuh ke dalam cangkir air panasnya. Hingga hari ini, teh dianggap salah satu dari tujuh kebutuhan Cina, dengan jenis teh hijau sebagai varietas yang paling populer.

India

India disebut menjadi negara dengan tingkat produksi sekaligus konsumsi teh lebih tinggi daripada negara manapun di dunia. Soal teh, Chai adalah minuman nasional di India dan disajikan di setiap sudut jalan, salah satu contohnya di stasiun kereta yang padat, di mana Anda dapat melihat orang-orang menjualnya setiap saat sepanjang hari siang dan malam. Jika Anda pernah diundang ke rumah orang India, persiapkan diri untuk meminum hidangan teh susu manis dengan sepercik rasa bumbu rempah. Saking pentingnya tradisi minum teh di India, India memiliki sebuah museum teh yakni Tea Museum di Munnar di mana para pengunjungnya bisa mengenal seputar produksi teh secara tradisional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini