Cara Tepat Menyeduh Teh yang Nikmat

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 20 Januari 2018 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 19 298 1847531 cara-tepat-menyeduh-teh-yang-nikmat-enNC85bU2S.jpg Minum teh (Foto: Independent)

RITUAL meminum secangkir teh, jadi pilihan banyak orang dalam kegiatan sehari-hari. Baik itu diminum saat di pagi, ketika hendak beraktivitas, ataupun di sore hari sembari menikmati waktu rehat 'tea time', ataupun di malam hari saat sudah di rumah dan selesai beraktivitas seharian.

Menyesap secangkir teh memang nikmat, memberikan efek menenangkan, dan bisa juga untuk menghangatkan diri. Namun nanti dulu, apakah selama ini kita sudah menyeduh teh dengan cara yang tepat?

Ternyata, seperti pemaparan yang dikutip Schooloftea, cara menyeduh teh yang benar ialah dengan menggunakan metode sebagai berikut. Gunakan 220ml air untuk ukuran 2,5 gram teh atau sama dengan 1 kantung teh celup, kemudian tempatkan teh di dalam teko teh yang bersih, tidak berbau dan sudah dipanaskan terlebih dahulu (pre-heated).

Sebelumnya, panaskan teko dan cangkir terlebih dahulu dengan memutar-mutar air panas secukupnya di dalamnya, lalu air rebusan ini baru dibuang sebelum masuk proses menyeduh. Baru setelahnya, rebus 220ml air di dalam teko, setelah mendidih baru tuang air rebusan tersebut ke 2,5 gram daun teh.

Perlu diketahui, setiap jenis teh memiliki cara penyeduhan yang berbeda-beda. Secangkir teh jenis white tea, teh hijau, dan teh olong masing-masing dengan ukuran 2 hingga 2,5 gram daun teh atau sekira 1 sendok teh (1 kantung teh celup) diseduh dengan 220ml air bersuhu 100 derajat celcius dengan waktu seduh atau brewing time 2 sampai 3 menit.

Lain lagi dengan secangkir teh hitam dan teh infusions, yang walaupun sama-sama membutuhkan 220ml air bersuhu 100 derajat celcius , dan ukuran teh 2 hingga 2,5 gram daun teh atau sekira 1 sendok teh (1 kantung teh celup), namun harus diseduh dengan waktu sekitar 3 menit untuk normal brew, dan 5 menit untuk strong brew.

Setelah selesai diseduh, teh harus dituangkan ke dalam cangkir teh yang hangat dan teh yang tersisa di teko dituang untuk menghindari proses pembuatan yang berlebihan sebab teh yang mengalami proses over brewing akan bisa menjadi pahit. Disebutkan lebih lanjut, suhu terbaik untuk meminum teh panas standarnya ialah sekitar di suhu 65 derajat celcius, teh tidak boleh dikonsumsi saat terlalu panas. Akan tetapi, pada dasarnya suhu terbaik untuk meminum teh ditentukan oleh suhu yang dipandang paling nyaman untuk setiap individu.

Sedangkan untuk penambahan gula, School of Tea merekomendasikan untuk memakai gula putih dibandingkan brown sugar alias gula merah dengan rasa karamelnya. Tambahan lainnya untuk menikmati teh bisa dengan madu, daun mint, kayu manis, ataupun lemon.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini