Tidak Perlu Bingung Mencari Makanan Halal di Vietnam, Berikut Rekomendasinya

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 19 298 1847558 tidak-perlu-bingung-mencari-makanan-halal-di-vietnam-berikut-rekomendasinya-gq2m4FwK6F.jpg Kuliner khas Vietnam (Foto:Berbagaisumber)

SALAH satu pertimbangan orang Indonesia ketika memilih destinasi liburan adalah makanan halal. Banyak destinasi dan negara yang menarik namun akhirnya batal dikunjungi karena jarang memiliki rumah makan halal. Vietnam salah satunya. Perkecualian ada di Ho Chi Minh city karena disini ada jalan yang banyak menyediakan makanan halal bagi turis muslim.

Makanan halal jarang ditemukan di Vietnam karena tak banyak pemeluk Islam di negara bekas jajahan Prancis ini. Wajar bila turis muslim agak khawatir bila akan berlibur ke Vietnam meski negara ini memiliki banyak destinasi wisata alam dan budaya yang cantik serta terjangkau. Namun Anda tak perlu khawatir lagi saat traveling ke Vietnam karena di Ho Chi Minh city ada sebuah jalan yang banyak menjual makanan halal. Sebenarnya jalan ini bernama jalan Nguyen An Ninh tapi kadang disebut halal street karena banyaknya makanan halal di sini.

BACA JUGA:

5 Tips agar Anak-Anak Tak Kecanduan Ngemil Makanan Manis

Halal street berada di dekat Ben Thanh market yang merupakan pasar suvenir dan oleh-oleh di Ho Chi Minh city. Selain disebut sebagai halal street, jalan Nguyen An Ninh juga kerap disebut sebagai Malaysia street. Penyebabnya karena banyaknya turis dari Malaysia yang berkunjung kesini. pembeli pun bisa membayar dengan menggunakan ringgit lho. kadang penjualnya melayani dalam bahasa melayu juga. Wah asiknya.

 

Di jalan ini Anda bisa menemukan masakan khas Vietnam Pho bo atau mie daging sapi versi halal. Tepatnya di restoran Halal Amin. selain Pho bo ada pilihan masakan melayu seperti nasi goreng kampung, nasi lemak, dan mie goreng mamak. Harganya pun cukup terjangkau yaitu 50.000 Dong atau sekitar Rp25.000,00 per porsi.

Rumah makan halal lainnya adalah Haji Idris. Rumah makan ini menyajikan masakan Vietnam halal, seafood dan chinese food. Tenang saja, menunya pun telah diterjemahkan dalam bahasa Melayu sehingga anda tak perlu repot menerjemahkannya sendiri.

BACA JUGA:

Sensasi Cicipi Es Krim di Kampung Salju di China

Kebanyakan rumah makan di jalan ini memang memajang logo halal. Sampai - sampai gerobak kopi Vietnam pun berlogo halal. Bila rumah makan yang dituju penuh, masih ada pilihan makanan halal lainnya di restoran Musa Kariem, Haji Mansour, Hajah Basiroh, Haji Osman, restoran Salima, dan lain sebagainya.

Belok kanan dari Malaysia/ halal street, bisa ditemukan satu restoran halal lainnya yaitu Saigon green house. Bila anda ingin berpetualang makanan halal di Saigon, jalan lainnya adalah jalan Luu Van Lang, Truong Dinh, dan Thu Khoa Huan. Disini ada beberapa restoran halal meski tak sebanyak di Malaysia/ halal street.

 

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini