nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teh Lebih Baik Diminum Panas atau Dingin?

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 21 Januari 2018 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 19 298 1847580 teh-lebih-baik-diminum-panas-atau-dingin-p2J9J03Nav.jpg Minuman teh (Foto: Surveyeah)

LAZIMNYA teh memang disajikan dalam suhu yang hangat. Namun, lantaran masyarakat Indonesia tinggal di negara tropis, tak heran bila di siang hari mereka biasa mengonsumsi es teh.

Nah, yang menjadi pertanyaan sebaiknya teh diminum saat hangat atau dingin, ya?

Well, bila ingin merasakan kenikmatan alami dari sajian teh, minuman ini memang harus diseruput dalam keadaan hangat. Menikmati minuman teh dalam keadaan hangat, bukannya tanpa alasan.

Pasalnya teh akan lebih mengeluarkan cita rasa dan sedapnya aroma khas bila diseruput dalam keadaan hangat. Selain itu, teh hangat juga memiliki kelebihan. Kandungan antioksidan teh hangat bisa lebih mudah bercampur dengan air dan diserap oleh tubuh secara maksimal. Antioksidan pada teh hangat ini bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mendukung sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan kemungkinan kanker.

Sementara, es teh yang kerap menjadi pilihan sejumlah orang memang bisa memberikan kesegaran bagi orang yang meminumnya. Namun, untuk memperoleh kandungan nutrisi dari teh, tubuh kita membutuhkan waktu yang lebih lama.

Setelah diseduh dan dicampur dengan air, sebaiknya tunggu sekitar 4 jam sebelum disajikan. Hal itu bertujuan agar kandungan di dalam teh tetap ada sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Selain itu, es batu yang ditambahkan ke dalam teh disarankan terbuat dari air teh yang dibekukan juga sehingga tidak terlalu mengencerkan teh yang dibuat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini