nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Adakah Batasan Minum Teh yang Aman dalam Sehari?

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 21 Januari 2018 19:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 19 298 1847590 adakah-batasan-minum-teh-yang-aman-dalam-sehari-tI8a0MxHJL.png Minuman teh (Foto: Videoblocks)

TIDAK dipungkiri jika kita sudah memiliki makanan atau minuman favorit yang sangat disenangi, rasanya seperti ingin mengonsumsinya setiap hari dalam jumlah porsi yang besar.

Akan tetapi, perlu diingat memang segala apapun yang berlebihan itu tidak baik untuk dilakukan, termasuk salah satunya berlebihan soal makan dan minum.

Begitu juga dengan minum teh, jika selama ini aturan dosis aman untuk meminum kopi sudah sangat familiar menggaung di masyarakat yakni sebaiknya tidak lebih dari dua gelas dalam sehari. Lalu bagaimana dengan batasan aman meminum teh yang aman dalam sehari? Menjawab pertanyaan ini, maka Okezone pun bertanya kepada Dr.dr Inge Permadhi, selaku spesialis gizi klinik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

"Dosis minum teh kalau tidak salah 6-7 cangkir itu aman. Catatannya, ialah minuman teh tanpa gula. Lalu bagaimana kalau berlebihan? Kalau bentuknya berupa teh saja, tanpa gula, efeknya kecil tidak menimbulkan penyakit, hanya sering buang air kecil. Sama halnya seperti jika orang banyak minum air mineral. Tapi ada yang minum teh nya teh tubruk yang strong, teh celup seduh biasa, sampai teh yang mengikat lemak. Jadi maksudnya sangat tergantung jenis teh," ungkap Dr.dr Inge Permadhi saat dihubungi Okezone baru-baru ini.

Selain itu, seperti dilansir Teaguardian, Minggu (21/1/2018), disebutkan menurut Dr Jeffrey Blumberg, profesor nutrisi di Tufts University, standarnya dalam sehari pertimbangkan untuk minum dua cangkir teh. Diketahui lebih lanjut, sebagian besar penelitian menggunakan kisaran 4 hingga 6 cangkir sehari untuk mempelajari efek penurunan berat badan, kesehatan arteri, pencegahan kanker, kesehatan tulang, dan fokus pada aspek kesehatan lainnya.

Untuk ukuran jumlah asupan, lebih jelas disebutkan jika ingin mendapatkan manfaat dari meminum teh maka yang penting ialah jumlah daun teh berkualitas yang dipakai saat mengonsumsi minuman teh, karena zat polifenol dan L-theanine yang berhubungan dengan kualitas bukan ukuran hitungan berapa gelas.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini