nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Terjadi Ketika Anda Tidak Menghabiskan Sabun di Hotel

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 14:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 19 406 1847399 ini-yang-terjadi-ketika-anda-tidak-menghabiskan-sabun-di-hotel-4G3HFbwouL.jpg Daur ulang sabun hotel (Foto:Topbuzz)

 

SALAH satu fasilitas hotel yang bakal Anda terima adalah peralatan mandi. Di antaranya adalah handuk, sabun, shampo, sikat dan pasta gigi, dan termasuk di dalamnya penutup kepala, sisirm serta korek kuping. Semuanya mesti ada tertata rapi di kamar mandi hotel.

Nah,mungkin Anda tidak tahu bahwa keberadaan peralatan mandi itu sebagai salah satu syarat hotel mendapatkan predikat bintang. Jadi, semakin lengkap dan berkualitas peralatan mandinya, maka persyaratan kenaikan bintang itu akan bisa dicapai. Ya, dengan standar perhotelan lainnya juga.

Namun, tahukah Anda apa yang dilakukan pihak hotel ketika Anda tidak menghabiskan sabun mandinya?

BACA JUGA:

10 Ritual Pernikahan di Seluruh Dunia Bikin Mengerutkan Dahi, Mulai yang Seru hingga Menyeramkan!

Dikutip dari Top Buzz, ternyata di luar negeri dibentuk komunitas atau lembaga yang khusus untuk mengumpulkan sabun hotel yang tidak terpakai atau tidak selesai dihabiskan. Adalah Clean The World (CTW). Komunitas ini coba untuk mendaur ulang sabun hotel dan menyumbangkannya ke negara-negara miskin di dunia.

Berdasarkan data yag dimiliki, sekitar 1 juta sabun disebar di seluruh Amerika. Angka itupun tidak semuanya terakumulasi. Jadi, dipastiakn masih ada banyak lagi sabun batangan yang disebarkan di seluruh hotel yang ada di Amerika.

Dijelaskan Pendiri dan CEO CTW Shawn Siepler, perusahaan yang dia pegang itu melakukan hal yang mungkin tidak banyak orang pikirkan. Daripada hanya dijadikan smapah dan tidak dipergunakan secara maksimal, makanya dia coba mengumpulkan sabun-sabun itu dan mencoba untuk mendaur ulangnya. “Intinya, kami sadar bahwa di belahan dunia sana masih banyak negara yang tidak memiliki sanitasi yang baik dan kami mencoba untuk membantunya,” terangnya.

Lebih lanjut lagi, Shwan menjelaskan bahwa kebersihan merupakan salah satu hal yang penting dalam berkehiodupan. Ketika kebersihan tubuh tidak terjaga dengan baik, maka masalah kesehatan pun semakin tinggi untuk menghampiri manusia. Siapa yang ingin sakit?

 

Lalu, bagaimana proses pengepulan sabun hotel itu?

Shawn menuturkan bahwa sabun hotel dikumpulkan oleh staf hotel dan semuanya itu dimasukkan ke dalam tempat sampah dan dibawa dengan truk ke pabrik. Nah, proses daur ulang pun akan dilakukan di perusahaan CTW itu.

Dan untuk meningkatkan ketertarikan hotel mengumpulkan sabun hotel, pihak perusahaan memberikan imbalan uang 5 sen atau sekitar Rp 500. Dari jumlah tamu dan juga penggunaan sabun, rasanya hotel tidak akan rugi untuk memberikan sabun bekas atau yang masih utuh sekalipun untuk CTW.

Kemudian, bagaimana proses daur ulangnya?

Shawn menjabarkan bahwa sabun yang sudah diterima kemudian dilelehkan dan dibentuk kembali seperti baru. Perusahaan CTW sendiri memiliki alat yang cukup baik dalam proses daur ulang ini. Jadi, sabun bekas benar-benar akan seperti baru dan dijamin kebersihannya. Jadi, tidak asal bikin sabun baru juga!

Nah, kalau untuk produk shampo dan kondisioner, perusahaan harus membuang sisanya dulu kemudian mencuci botolnya supaya bersih dan dipastikan tidak membahayakan orang lain.

Sementara itu, perlu Anda ketahui bahwa di Amerika sendiri, sekitar 16 ribu anak balita meninggal dunia hanya karena sanitasi yang buruk. Tentunya ini adalah masalah yang besar, karena hanya dengan tidak adanya sumber air bersih atau peralatan mandi, ada nyawa yang harus dibayar!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini