5 Fakta Manfaat Ubi Jalar yang Jarang Diketahui

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 19 481 1847289 5-fakta-manfaat-ubi-jalar-yang-jarang-diketahui-BAX6UlMqZ7.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

UBI jalar salah satu bahan makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Meski tergolong sederhana, ada banyak fakta mengejutkan di balik itu.

Di wilayah Indonesia Timur, ubi jalar bahkan dijadikan makanan pokok oleh masyarakat. Banyak olahan enak yang bisa menggunakan bahan utama ubi jalar tersebut.

Banyak khasiat yang tak terduga saat seseorang rajin makan ubi jalar tersebut. Nutrisinya juga sangat melimpah, termasuk mengandung antosianin yang hampir jarang ada di bahan makanan yang lain.

Lebih lanjut, ketahui apa saja nutrisi yang dikandung ubi jalar dan manfaatnya yang bisa diperoleh. Ini dia ulasannya, dilansir Boldsky, Jumat (19/1/2018).

Mengatur tingkat gula darah

Meskipun ubi jalar mengandung pati, tetap akan diubah menjadi gula sederhana di saluran pencernaan setelah dikonsumsi. Dengan cara ini, pasti tidak membahayakan tubuh Anda. Penderita diabetes pun diperbolehkan makan ubi jalar. Ini akan membantu mengurangi dan mengatur kadar gula darahnya.

Tinggi antioksidan

Antioksidan dalam ubi jalar membantu melindungi terhadap diabetes, kanker dan penyakit terkait jantung lainnya. Selain itu, ubi jalar mengandung beta-karoten, antioksidan kuat yang dapat membantu meningkatkan penglihatan agar lebih sehat, meningkatkan kesehatan pernapasan, bahkan dapat melindungi kulit Anda.

Meningkatkan fungsi otak

Periset telah menemukan bahwa mengonsumsi ubi jalar bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini juga diketahui dapat meningkatkan daya ingat, karena nutrisi dan antioksidan hadir di dalamnya. Jadi, jika Anda mengalami kesulitan sering mengeluh lupa, coba makan ubi jalar lebih sering.

Meningkatkan imunitas

Ubi manis sarat dengan vitamin A, yaitu sekira 438% kebutuhan harian. Vitamin A tersebut berperan penting dalam banyak aspek kesehatan. Salah satu yang utama yakni memperkuat imunitas Anda, serta melindungi Anda dari radikal bebas yang tidak diinginkan.

Promosikan kesehatan mata

Vitamin A yang ditemukan pada ubi jalar juga dikenal bisa menjaga kesehatan mata. Apabila Anda kekurangan vitamin ini bisa mengakibatkan gejala seperti mata kering, rabun senja, serta kebutaan pada kasus yang parah. Mulailah makan ubi jalar sebagai camilan manis di waktu siang atau sore hari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini