nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Jenis Makanan Ini Punya Waktu yang Tepat untuk Dikonsumsi

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 19 481 1847297 6-jenis-makanan-ini-punya-waktu-yang-tepat-untuk-dikonsumsi-sn34T7PrwR.jpg Susu (Foto: Boldsky)

MELAKSANAKAN diet yang benar, selain dengan cara menjaga asupan gizi yang seimbang, juga mengetahui waktu yang tepat untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu. Sebab, ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi pada waktu yang salah maka justru menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Mengonsumsi makanan tertentu pada waktu yang salah dapat menyebabkan gangguan pencernaan, konstipasi, dan masalah perut lainnya. Contohnya seperti pisang. Buah tersebut memiliki segudang manfaat dan kerap kali dijadikan sebagai penahan rasa lapar. Namun, tahukah Anda bawa mengonsumsi pisang pada waktu yang salah dapat memiliki pengaruh yang berlawanan?

Jika hal ini terus dibiarkan, maka mungkin akan berdampak negatif terhadap kesehatan dalam jangka panjang. Jadi, penting sekali bagi Anda agar mengetahui waktu yang tepat dalam mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini, sehingga Anda bisa mengontrol makanan Anda sendiri. Simak ulasannya sebagai berikut, sebagaimana telah dilansir dari Boldsky, Jumat (19/01/2018).

1. Pisang

Pisang kaya akan antasida yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah akibat asam lambung, termasuk penyakit maag. Makan buah ini di siang hari akan menjaga tingkat energi Anda, serta membantu menahan rasa kenyang lebih lama. Namun, jika mengonsumsi pisang di malam hari malah bisa berakibat dahak, pilek, dan batuk bagi sebagian orang.

2. Yogurt

Mengonsumsi yogurt di pagi atau siang hari akan bagus untuk melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus. Namun, yang terjadi apabila memakan yogurt di malam hari dapat menyebabkan keasaman pada tubuh Anda. Hal ini akan memengaruhi saluran pernapasan Anda dan meyebabkan batuk dan pilek.

(Baca Juga: 5 Fakta Manfaat Ubi Jalar yang Jarang Diketahui)

3. Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat. Anda akan mendapatkan manfaat tersebut jika Anda meminumnya pada waktu yang tepat. Minum teh hijau pada saat perut kosong di pagi hari dapat menyebabkan dehidrasi dan keasaman karena mengandung kafein. Karena itu, Anda bisa meminumnya di siang hari saat perut Anda telah terisi.

4. Susu

Semua sudah tahu bahwa susu memiliki nutrisi penting. Namun, jika mengonsumsi minuman ini sepanjang hari malah membuat tubuh menjadi lesu. Hal ini karena zat besi-nya menjadi berkurang meski vitamin D-nya meningkat. Padahal, kekurangan zat besi bisa mengakibatkan gangguan konsentrasi. Jadi, sebaiknya minum susu hanya dilakukan pada malam hari untuk membantu tubuh jadi rileks. Pakar pun menganjurkan bahwa mengonsumsi susu sebaiknya tidak berlebih, cukup 2 gelas sehari.

5. Apel

Memakan buah ini pada siang hari akan membantu memperlancar fungsi usus, namun jika memakannya pada malam hari justru bisa menyebabkan peningkatan keasaman di perut.

(Baca Juga: 23 Penyakit Berpotensi Mewabah di Asmat, Dinkes Diminta Galakkan Kewaspadan Dini)

6. Jus Jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C. Mengonsumsi minuman ini di siang hari dapat membuat Anda merasa berenergi dan meningkatkan metabolisme Anda. Sebab, asam folat dan vitamin D juga turut hadir di dalamnya. Namun, jangan mengonsumsi minuman ini di malam hari karena bisa meningkatkan keasaman lambung. (Maharani Putri Sabillah)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini