nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kata Ahli Begini 3 Tips Ampuh Sembuhkan Insomnia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 13:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 19 481 1847301 kata-ahli-begini-3-tips-ampuh-sembuhkan-insomnia-PkgjBDBLLp.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

INSOMNIA merupakan gejalanan kelainan dalam tidur yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya permasalahan psikologis. Gejala ini juga biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun, dan dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti depresi, obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Untuk mengobati penyakit ini ada beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan. Matthew Walker, professor ilmu saraf dan psikologi dari University of California Berkeley sekaligus penulis buku ‘Why We Slee’, sempat membagikan beberapa tips ampuh untuk menghilangkan insomnia dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Daily Mail, Kamis (18/1/2018).

Atur jam tidur

“Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencoba untuk mengatur jam tidur dan bangun tidur. Usahakan untuk melakukan hal tersebut di jam yang sama, tidak hanya di hari biasa tetapi juga di akhir pekan,” ujar Profesor Walker.

Para peneliti di University of Arizona menemukan bahwa kebiasaan tidur yang tidak teratur dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Para ilmuwan mengatakan, mereka yang memiliki jam tidur lebih lambat dari waktu normal, akan mengalami peningkatan risiko penyakit jantung sebesar 11%. Penyakit ini sering dikaitkan dengan perilaku “laguna jet sosial” yaitu, memiliki pola tidur yang berbeda pada akhir pekan daripada hari-hari biasa. Selain itu, tidur lebih lama ternyata tidak memiliki manfaat kesehatan dibandingkan tidur lebih lambat dari waktu normal.

(Baca Juga: Tips Berhubungan Intim untuk Para Lansia Agar Tetap Menyenangkan)

Hindari gadget

Perkembangan digital yang semakin pesat secara tidak langsung menciptakan gaya hidup yang tidak sehat. Contohnya, sebagian besar orang akan memainkan gadget mereka sebelum atau ketika sudah berada di atas ranjang. Padahal, menuru penelitian, layar perangkat digital dapat mengganggu kualitas tidur Anda karena menurunkan kadar melatonin di dalam tubuh.

Secara rinci, cahaya biru yang terpancar dari layar smartphone dianggap mengganggu kinerja hormon di dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu mengendalikan siklus tidur-bangun Anda. Biasanya, kadar melatonin akan meningkat pada pertengahan hingga larut malam, kemudian turun pada pagi hari. Dalam arti lain, jika Anda memainkan gadget sebelum tidur, proses tersebut akan mengganggu jam tubuh internal Anda.

(Baca Juga: 5 Anak Selebriti yang Cantiknya Enggak Kalah dari Sang Ibu)

Jagalah suhu ruangan Anda agar tetap dingin

Sebagian orang lebih merasa nyaman ketika suhu kamar mereka berada dalam kondisi hangat. Namun menurut Profesor Walker, suhu ideal untuk mendapatkan tidur berkualitas berada pada suhu 18,5 derajat celcius.

“Alasannya adalah otak dan tubuh perlu menurunkan suhu inti sekitar dua atau 16-18 derajat celcius agar dapat tertidur nyenyak. Itulah sebabnya Anda cenderung lebih mudah tertidur di ruangan yang terlalu dingin daripada di ruangan yang panas,” tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini