nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat Luar Biasa Minum Teh Tanpa Gula Meski Rasanya Pahit

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 21 Januari 2018 09:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 19 481 1847626 manfaat-luar-biasa-minum-teh-tanpa-gula-meski-rasanya-pahit-XlDg9HjfQ6.jpg Ilustrasi (Foto: Drinkpreneur)

TEH pahit yang diminum tanpa tambahan gula memiliki beragam manfaat yang menguntungkan peminumnya. Meskipun rasanya tidak sedap, tapi manfaat yang ada di baliknya, membuat banyak orang rela merasakan pahit demi manfaatnya.

Ada beragam manfaat dari minum teh pahit tanpa gula, seperti menjaga kesehatan gigi, mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah dan mengobati tumor dan kanker, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan metabolisme tubuh, dan mengontrol tingkat gula darah.

Namun, tidak hanya itu saja, melansir dari Reports Health Care, masih ada beragam manfaat minum teh tanpa gula lainnya, sebagai berikut.

1. Membuat badan rileks dan meredakan emosi

Minum teh bisa membuat suasana menjadi lebih santai dan menenangkan. Penelitian ilmiah terbaru mengatakan minum teh juga bisa memulihkan kita dari stres lebih cepat, hal tersebut bisa terjadi karena teh bisa menormalkan hormon yang memengaruhi stres, yang juga terkait dengan manfaat lainnya, seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan ketidakseimbangan adrenal.

 (Baca Juga: Dari Beyonce hingga Celine Dion, 7 Seleb Hollywood Ungkap Kesedihan Pedihnya Keguguran)

2. Menormalkan kadar gula darah

Kebiasaan minum teh bisa membantu Anda menormalkan kadar gula darah, jenis teh tertentu seperti teh oolong bisa mengendalikan gula darah pada pengidap diabetes tipe 2. Sementara, teh hijau yang diminum tanpa gula bisa membantu Anda melunturkan lemak saat berolahraga dan bisa mengurangi kadar trigliserida. Selain itu, teh hijau juga bisa membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi.

3. Menghindari flu dan demam

Saat tenggorokan mulai terasa sakit dan tidak nyaman, secangkir teh tanpa gula bisa menenangkan bisa Anda minum untuk membuat kondisi tenggorokan lebih nyaman. Teh hijau bisa menghilangkan gejala flu. Teh yang mengandung L-theanine dapat melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh.

4. Menurunkan risiko penyakit kronis

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang bisa mencegah kanker. Tapi, studi baru membuktikan teh hitam bisa secara efektif mencegah kanker lambung, bila diminum secara teratur tanpa gula bisa mempelambat proses penuaan. Teh hijau dan hitam juga memiliki manfaat dalam pengobatan dan pencegahan penyakit parkinson. Selain itu, keunggulan teh hitam juga bisa mengurangi parkinson 71 persen lebih baik daripada teh hijau.

 (Baca Juga: 5 Latihan Aneh untuk Asah Otak dan Tingkatkan Memori)

5. Menyehatkan jantung

Minum teh sesuai dengan anjuran dokter bisa mencegah penyakit jantung. Negara-negara seperti Jepang minum teh hijau dengan jumlah tinggi bisa menurunkan secara signifikan angka kematian akibat penyakit kardiovaskular.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini