5 Jenis Bumbu Masakan yang Harus Disimpan di Kulkas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 20 Januari 2018 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 20 298 1847784 5-jenis-bumbu-masakan-yang-harus-disimpan-di-kulkas-6qEPDzJYLK.jpg Ilustrasi (Foto: Seriouseat)

BARU-baru ini, para pencinta kuliner dari berbagai negara terlibat dalam sebuah debat hebat tentang saus tomat. Mereka memperdepabatkan apakah saus tomat harus disimpan di lemari pendingin, atau dapat diletakkan pada suhu ruang.

Beberapa orang beranggapan bahwa kandungan asam, garam, dan gula pada saus tomat dapat menjaga kualitas bahan makanan tersebut. Namun sayangnya, sejumlah produsen dikabarkan telah mengurangi kandungan garam pada saus tomat. Ini berarti, Anda harus menyimpan makanan itu di dalam lemari pendigin.

Tapi untungnya, cara menyimpan bumbu masakan lainnya jauh lebih mudah dan tidak membingungkan seperti makanan berwarna merah itu. Berikut Okezone rangkumkan 5 jenis condiment atau bumbu pelengkap yang dapat Anda simpan di lemari pendingin atau di suhu ruang. Seperti dilansir dari Food & Wine, Sabtu (20/1/2018).

Saus tomat

Bagi sebagian orang, menyantap makanan belum lengkap rasanya jika tidak dilengkapi saus sambal atau tomat. Kedua bumbu tersebut memang menyuguhkan sensasi rasa yang unik, dan bisa membuat siapa saja ketagihan. Namun, ada beberapa hal penting yang selalu diabaikan oleh banyak orang. Semua saus botolan, sudah seharusnya diletakkan di dalam lemari pendingin, apalagi jika tutup botolnya telah terbuka. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi kuman-kuman penyakit.

(Baca Juga: 5 Tips Cegah Demam Keong yang Tengah Melanda)

Madu

Berbeda dengan saus botolan, madu sebaiknya disimpan di tempat yang memiliki suhu ruang dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Alasannya, jika Anda memasukkan madu ke dalam lemari es, suhu dingin akan membuat teksturnya menjadi mengental, sehingga akan sulit dikeluarkan ketika hendak digunakan. Mau tidak mau, Anda harus mencairkan madu terlebih dahulu dengan meletakkannya di tembat bersuhu ruang.

Mentega

Seperti diketahui, mentega termasuk produk dairy dan kita semua setuju bahwa sudah seharusnya susu diletakkan di dalam lemari pendingin. Namun, FDA membuat pengecualian untuk bahan makanan yang satu ini. Mengapa? Ternyata mentega tidak termasuk dalam kategori makanan Temperatur Control for Safety (TCS). Dalam arti lain, makanan ini dapat dikonsumsi dan disimpan pada suhu ruang.

(Baca Juga: Setelah Sate Maranggi, Kini Kang Dedi Perkenalkan Kue Surabi‎ ke Dunia)

Mayonnise

Anda mungkin selalu membeli mayones dari rak yang tidak didinginkan. Namun jika sudah membuka kemasannya, sebaiknya simpan bahan makanan tersebut ke dalam lemari pendingin. Bahkan, USDA merekomendasikan untuk membuang mayo ke tempat sampah jika suhunya sudah mencapai 50 derajat celcius atau lebih tinggi selama lebih dari delapan jam.

Minyak Zaitun

Bahan masakan yang satu ini umumnya digunakan sebagai pelngkap atau untuk mengolahan kacang-kacangan, roti, hingga makanan pencuci mulut. Menurut para ahli, minyak zaitun harus disimpan di dalam lemari pendingin atau di tempat yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa bahan masakan tersebut rasanya akan lebih enak ketika disimpan pada suhu ruang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini