nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Libur Akhir Pekan, Intip Pameran Lukisan Badak Sumatera di Perpustakaan Nasional Yuk!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 20 Januari 2018 14:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 20 406 1847805 libur-akhir-pekan-intip-pameran-lukisan-badak-sumatera-di-perpustakaan-nasional-yuk-HrtVUAlFYl.jpg Pameran lukisan Badak Sumatera di Perpustakaan Nasional (Foto: April/Okezone)

SELAMAT berakhir pekan! Sudahkah Anda memiliki rencana ingin pergi kemana hari ini? Jika belum dan tidak berminat untuk pergi jauh dari Jakarta, maka Okezone memiliki satu destinasi rekomendasi yang cukup menarik. Terlebih bagi Anda yang tidak memiliki bujet ngepas alias tidak cukup banyak untuk pergi ke luar kota.

Destinasi tersebut berada di dekat Monumen Nasional, tepatnya masih sejajar lokasinya dengan Balai Kota. Tebak! Ya, tempat yang dimaksud adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jangan dulu malas mendengar kata ‘perpustakaan’, sebab perpustakaan yang satu ini sekarang tengah diadakan sebuah pameran yang sayang jika Anda lewatkan.

Pameran tersebut berupa pameran seni lukis yang objeknya badak Sumatera, daripada sekadar bermalas-malasan di rumah, datanglah ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) hari ini, karena pameran hanya akan dilangsungkan selama tiga hari, dimulai sejak kemarin hingga esok saja.

Pameran lukisan yang bertajuk Pameran Seni Badak Sumatera: Harta Karun Tersembunyi Indonesia tersebut bukan sekadar pameran, tapi merupakan salah satu dari rangkaian program yang tengah digenjot oleh Tim Badak dalam mengupayakan pelestarian dan pencegahan spesies badak Sumatera yang masuk dalam daftar terancam punah. Bagaimana tidak, badak Sumatera saat ini hanya berjumlah sekira 100 ekor yang hidup tersebar di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

Dengan diadakannya pameran seni lukis ini, nantinya lukisan-lukisan karya anak negeri dan seniman internasional akan dilelang, hasilnya akan digunakan untuk biaya pengembangbiakan badak Sumatera. Semua karya seni akan tersedia untuk dilelang di www.charitybuzz.com mulai 19 Januari-7 Februari 2018.

Untuk bisa masuk ke pameran seni lukis, Anda tidak perlu merogoh kocek alias gratis. Dalam pameran Anda akan menikmati karya-karya dari Naela Ali, Diela Maharanie, The Popo, Mochtar Sarman, Reza Mustar, dan Citra Marina. Sementara seniman dari internasional ada Joe Rohde, Morgan Richardson, Zsolt Hormay, dan fotografer satwa liar Paul Hilton.

Salah satu karya dari seniman Mochtar Sarman cukup unik dan lain daripada lukisan yang lain. Pasalnya, Mochtar Sarman menampilkan lukisan badak 3D, sehingga pengunjung harus mengenakan kacamata 3D agar bisa melihat lukisan lebih nyata.

Kesan menonjol dari kepala badak yang dilukis berwarna merah oleh Mochtar Sarman seakan berbicara pada pengunjung, badak Sumatera membutuhkan perhatian. Dasar kanvas yang berwarna hitam yang juga dilengkapi dengan tulisan memutar nama latin badak Sumatera dan target yang bertuliskan Love Me memberi arti badak Sumatera bukanlah target perburuan, tapi harus dilindungi dan dicintai.

“Kami sangat berbahagia dan tersentuh melihat karya seni yang menakjubkan dari para seniman yang sangat kreatif ini. Kontribusi mereka mewakili harapan generasi ini untuk masa depan yang lebih baik bagi badak Sumatera,” ujar Noviar Andayani, Country Director Wildlife Conservation Society, Indonesia Program.

Dengan diadakannya pameran seni ini selain untuk perlindungan dan pengembiakan badak, juga untuk membantu memerangi kepunahan spesies badak Sumatera, dan meningkatkan kesadaran masyarakat di Indonesia dan seluruh dunia, juga untuk mendapatkan dukungan publik untuk Konservasi Badak Sumatera. Jadi, tunggu apalagi, yuk berkunjung ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia lantai 1!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini