nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amankah Mengonsumsi Teh Mentah?

Vessy Frizona, Jurnalis · Minggu 21 Januari 2018 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 21 298 1848032 amankah-mengonsumsi-teh-mentah-mQ5n9hrIIB.jpg

TEH merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Rasanya nikmat dan beraroma segar.

Di dalam kandungan teh terdapat kafein dan katekin (antioksidan) yang terkenal banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Maka tak heran bila banyak orang memilih minum teh, apa pun makananya.

Cara membuat minuman yang berasal dari tanaman camellia sinensi ini sangat mudah. Hanya dengan menyeduh daun atau serbuk teh kering dengan air panas, teh siap diminum. Untuk menambah rasa teh bisa dicampur dengan gula.

Pada perkembangannya teh semakin kaya rasa, semua itu tak lepas dari bahan baku campuran yang dimasukkan dalam minuman teh. Seperti teh susu, teh telur, teh madu, atau teh lemon.

Kendati olahan teh sudah semakin bervariasi, ternyata masih ada segelintir orang lebih suka mengkonsumsi teh alami. Bukan alami dengan cara diseduh, namun mengkonsumsi teh mentah alias memakan langsung daun tehnya saja. Seperti memakan daun siri.

Pertanyaannya jika teh dikonsumsi dalam keadaan mentah bagaimana efeknya bagi kesehatan tubuh? Untuk menjawab pertanyaan in, dokter spesialis gizi, Dr. Agnes Riyanti Inge Permadhi , Sp. GK., mengatakan belum dapat dipastikan efek sampingnya.

(Baca Juga: Cara Menyimpan Teh yang Benar agar Tetap Awet)

"Sejauh ini saya belum menemukan khasiat teh mentah jika dikonsumsi seperti memakan daun sirih. Tidak ditemukan tujuannya apa," kata dokter Inge kepada Okezone.

Ia menambahkan, teh mentah jarang ditemukan manfaatnya. “Setahu saya menikmati teh, ya dengan diminum setelah diseduh. Kalau diseduh baru ada manfaatnya," ulas dokter Inge.

(Baca Juga: 7 Teh Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Rp15 Miliar per Kilogram)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini