4 Kuliner Tradisional yang Harus Dicoba di Jawa Timur

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 21 Januari 2018 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 21 298 1848132 4-kuliner-tradisional-yang-harus-dicoba-di-jawa-timur-IYia82i9TB.jpg Rawon (Foto: tara_shira/Instagram)

SURABAYA dikenal sebagai salah satu destinasi wisata belanja terbaik di Indonesia. Bukan tanpa sebab, Kota Pahlawan ini merupakan rumah bagi sejumlah pusat perbelanjaan ternama yang menjual berbagai produk berkualitas. Mulai dari pakaian, gadget, hingga peralatan rumah tangga.

Tapi tidak banyak yang mengetahui bahwa Surabaya dan beberapa kabupaten di Jawa Timur, memiliki segudang kuliner tradisional dengan keunikan masing-masing. Potensi tersebut ternyata sudah mendapatkan perhatian khusus dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur bahkan memiliki sebuah program khusus sebagai bentuk komitmen mereka dalam memajukan sektor kuliner. Salah satunya dengan mengadakan event tahunan seperti Festival Makanan Khas Jatim. Tahun ini, festival tersebut rencananya akan digelar di Taman Chandra Wilwatikta, Pasuruan, pada Oktober mendatang.

 (Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Minum Teh Tanpa Gula Meski Rasanya Pahit)

"Festival Makanan Khas Jatim bertujuan untuk memperkenalkan serta mengeskplorasi makanan khas Jawa Timur, sehingga dapat menjadi salah satu potensi daya tarik wisata kuliner. Tahun lalu pesertanya berasal dari sejumlah hotel, restoran, rumah makan, dan catering," tutur Dr. H. Jarianto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur kepada Okezone, di Taman Budaya Jatim, Surabaya, Sabtu 20 Januari 2018.

Nah, bagi Anda yang tidak sabar ingin mencicipi berbagai hidangan lezat pada festival tersebut, Jarianto juga sempat merekomendasikan beberapa kuliner khas Jatim yang bisa Anda temukan ketika berlibur di Surabaya dalam waktu dekat ini.

Rawon

 

(Foto: tara_shira/Instagram)

"Semua daerah di Jawa Timur sepertinya memiliki kreasi rawon dengan keunikan mereka masing-masing. Makanan ini merupakan salah satu kuliner tradisional khas Jatim yang paling diburu oleh para wisatawan nusantara maupun mancanegara," kata Jarianto.

Lodo Ayam

 (Foto: estyrosida/Instagram)

"Secara spesifik, lodho merupakan kuliner tradisional yang berasal dari daerah Tulungagung, Blitar, Trenggalek, atau dari daerah di bagian Barat. Hidangan ini terbuat dari ayam kampung yang diolah menggunakan bumbu cabai (lodo). Buat yang suka makanan pedas, pasti ketagihan saat mencicipinya," imbuhnya.

 (Baca Juga: Teh Lebih Baik Diminum Panas atau Dingin?)

Pecel

 (Foto: yongyen88/Instagram)

"Saya rasa semua kabupaten kota di Jawa Timur memiliki olahan pecel masing-masing. Tapi yang paling populer itu pecel asal Madiun. Tidak hanya Madiun, di Blitar itu ada perusahaan yang menjual bumbu pecel dengan berbagai varian rasa. Ide usaha ini muncul karena pecel sudah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Jatim," jelas Jarianto.

Lontong Kupang

 (Foto: maktiendailyfood/Instagram)

"Terakhir ada lontong kupang. Kupang itu semacam kerang berbentuk kecil, lalu diolah dengan kuah petis, air perasan jeruk nipis, dan disajikan dengan potongan lontong. Makanan ini paling mudah ditemukan di Sidoarjo dan Surabaya, sampeyan cari lontong kupang di Tulungagung ya angel (susah)," tukas Jarianto.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini