nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak Buruk Sering Main Smartphone, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 22 196 1848430 dampak-buruk-sering-main-smartphone-bagaimana-cara-mengatasinya-m61LrFtFyR.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

ZAMAN sekarang akan sangat dengan mudah menemui orang-orang yang sibuk dengan ponsel pintar mereka sendiri. Di tempat umum ataupun di rumah, anak-anak atau orang dewasa, semuanya larut dalam aplikasi ponsel pintar.

Untuk itu, tidaklah heran jika Anda melihat orang lain bertingkah aneh, seperti tertawa sendiri di tengah keramaian atau asyik bermain game padahal sedang berkumpul dengan kerabat dan keluarga. Kehadiran ponsel pintar memang memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi manusia, tapi menggunakannya tanpa lelah sebenarnya berdampak buruk bagi kehidupan manusia itu sendiri.

Lebih dari itu, mengutip dari Daily Mail, Senin (22/1/2018), kebanyakan orang dewasa di Inggris memeriksa ponsel mereka sebanyak 33 kali sehari, bahkan pada remaja bisa memeriksa ponsel hingga 90 kali, dan lebih dari dua jam mereka menghabiskan waktu tanpa henti menggulirkan dan mengetuk layar ponsel. Sebuah penelitian mengungkapkan waktu yang diluangkan untuk memainkan ponsel pintar Anda memiliki kekuatan untuk mengubah struktur dan fungsi otak, termasuk kemampuan Anda dalam membentuk kenangan, berpikir secara mendalam dan fokus pada apa yang sedang dikerjakan.

Tidak hanya itu saja, ponsel pintar juga dapat menyebabkan kesehatan mental seseorang berubah menjadi menunjukan tanda-tanda masalah kejiwaan, seperti gangguan obsesif-kompulsif (OCD) dan Attention Defisit Hyperactivity Disorder (ADHD). Masalah kejiwaan tersebut bisa saja muncul jika Anda terus-menerus memainkan ponsel pintar hingga terganggu kegiatan sehari-hari, terisolasi dari masyarakat, dan lainnya. Di sisi lain, rasa empati Anda juga akan berkurang karena terlalu lama menghabiskan waktu bersama telepon genggam.

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin mengurangi intensitas memainkan telepon genggam, Anda bisa mencoba beberapa hal di bawah ini.

1. Beralih pada hal lain

Aplikasi dalam ponsel pintar membuat Anda sering memeriksanya satu persatu, padahal kadang kala tidak ada pemberitahuan atau pesan baru di sana. Fokus Anda pada hal-hal yang ada di sekitar pun menjadi berkurang. Untuk itu, cobalah agar lebih memerhatikan lingkungan sekitar, taruh ponsel Anda sejenak, rasakan suasana yang ada di sekeliling Anda. Dengan seperti ini, Anda telah mengurangi kemungkinan kehilangan memori atau ingatan jangka pendek, karena otak tidak lagi kelelahan dan fokus Anda terhadap lingkungan sekitar jadi lebih banyak.

(Baca Juga: Teh vs Kopi, Mana Kandungan Kafeinnya yang Lebih Tinggi?)

2. Hadapi ketergantungan Anda

Jika Anda telah merasa memiliki ketergantungan pada ponsel pintar, cobalah untuk membatasi waktu penggunaannya. Dengan seperti ini, penggunaan ponsel pintar Anda jadi lebih terkontrol, dan otak pun bisa lebih rileks. Bila perlu unggah lah aplikasi untuk memantau seberapa sering Anda memainkan atau menggunakan telepon genggam Anda, dengan seperti itu Anda bisa mengambil langkah selanjutnya.

3. Beli jam weker

Meskipun di ponsel pintar ada alarm, tapi membeli jam weker untuk membangunkan Anda diperlukan agar penggunaan telepon pintar bisa berkurang. Dengan menggunakan jam weker Anda bisa menghindari melihat ponsel pada pagi hari. Pasalnya, orang dewasa biasanya menghabiskan waktu 15 menit saat bangun tidur untuk memeriksa handphoner mereka.

4. Sediakan waktu tanpa telepon genggam

Siapkan waktu setiap hari setidaknya 30 sampai 60 menit untuk mematikan hp Anda dan berjalan-jalanlah. Saat sedang libur bekerja, sebaiknya tinggalkan dulu hp dan cek lagi ketika masa libur hampir berakhir. Bisa juga matikan ponsel saat Anda tidur pada Jumat dan baru nyalakan lagi setelah beberapa jam Anda bangun tidur.

(Baca Juga: Awas, Ini Bahaya Pakai Cat Kuku saat Hamil!)

5. Area bersih dari ponsel

Meja makan menjadi salah satu tempat yang harus bersih dari ponsel, pasalnya sebuah studi menunjukkan adanya ponsel pintar di atas meja memiliki dampak negatif pada percakapan. Jauhkan telepon genggam dari meja dan minta izin orang tersebut sebelum Anda memintanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini