nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Bunga Melati Terdapat pada Racikan Teh Khas Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 06:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 22 298 1848272 alasan-bunga-melati-terdapat-pada-racikan-teh-khas-indonesia-91oDdwmT4J.jpg Bunga melati dalam teh (Foto:Ist)

PERNAHKAH terlintas di benak Anda, mengapa racikan teh di Indonesia memiliki aroma melati yang sangat khas? Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Okezone, ternyata ada alasan khusus dibalik penggunaan bunga melati pada racikan teh.

Berdasarkan sejarahnya, tanaman melati pada teh sebetulnya telah ada sejak abad ke-3 dan pertama kali diperkenalkan China dari Persia. Di China, tanaman melati memang sengaja dibudidayakan untuk teh dan ditanam khusus di kawasan pegunungan, tepatnya di Provinsi Fujian.

Bunga ini akan dipanen pada musim semi, lalu disimpan hingga awal musim panas ketika bunga melati segar sedang berbunga. Bunga tersebut kemudian akan dipetik di pagi hari, ketika kelopak bunga kecil tertutup rapat.

 BACA JUGA:

Proses Penyajian Teh di China yang Panjang hingga Dimanfaatkan sebagai Strategi Perang

Setelah itu, suhu bunga akan dijaga agar tetap dingin sampai matahari terbenam. Saat sore ketika kelopak bunga melati mulai terbuka, teh dicampur dengan bunga melati dan kemudian disimpan semalam.

Pada malam hari, bunga melati yang sedang mekar akan terbuka dan melepaskan aroma wangi mereka ke dalam teh. Dibutuhkan empat jam atau lebih untuk teh menyerap aroma dan rasa dari bunga melati, proses ini dapat diulangi sebanyak enam atau tujuh kali. Teh menyerap kelembaban dari bunga melati segar sehingga teh tersebut harus dipanaskan untuk mencegah pembusukan.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, teh melati memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Kandungan afrodisiak yang terdapat pada bunga melati dspat memberikan efek menenangkan dan mengurangi stres.

BACA JUGA:

Makan Apa Pagi Ini? Yuk Santap Sajian Ayam Suwir & Telur Bumbu Bali

Tidak hanya itu, menurut sebuah penelitian, teh hijau yang dicampurkan dengan bunga melati dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Dalam arti lain, kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda akan terjaga.

Namun, jika Anda mengonsum teh melati secara berlebihan, kandungan theobromine dan teofilin yang terdapat pada minuman tersebut dapat merangsang sistem saraf Anda. Kandungan kimia tersebut akan menimbulkan perasaan gelisah, cemas, dan gugup saat beraktivitas. Demikian dilansir dari berbagi sumber.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini