nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulik Tren Jajanan yang Lagi Ngehits di Jakarta Maklor, Cilor & Telung

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 07:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 22 298 1848563 mengulik-tren-jajanan-yang-lagi-ngehits-di-jakarta-maklor-cilor-telung-IR8ml5S89H.jpg Jajanan di Jakarta yang lagi hits (Foto:Instagram/jktfooddestination)

DAYA tarik jajanan tempo doeloe sepertinya semakin digandrungi oleh pencinta kuliner nusantara. Setelah tren kue cubit, masyarakat Indonesia kembali disuguhkan tren jajanan tradisional dengan varian yang lebih modern dan tentunya menggugah selera.

Bukan tanpa sebab, tren jajanan tradisional ini sudah diprediksi oleh para ahli kuliner nusantara, salah satunya Chef Astrid Enricka. Menurutnya, di tahun 2018 ini, masyarakat Indonesia akan mengeksplorasi lebih banyak lagi makanan-makanan tradisional dari berbagai daerah, termasuk jajanan jadul yang hampir terlupakan. Untuk mengetahui lebih lanjut.

Okezone telah merangkum beberapa tren jajanan tradisional yang mulai digandrungi para pencinta kuliner nusantara, khususnya yang tinggal di Ibu Kota Jakarta. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Selasa (23/1/2018).

BACA JUGA:

Bikin Yogurt Bark, Camilan Sehat untuk Anak

Cilor (aci telor)

Cilor merupakan akronim dari ‘aci telor’. Kudapan ini terbuat dari tepung aci yang telah direbus, lalu dipotong berbentuk dadu kecil-kecil sebelum akhirnya digoreng dengan adonan telur yang sudah dikocok hingga merata. Untuk menambah cita rasanya, para pedagang kaki lima biasanya akan menambahkan bumbu penyedap seperti bubuk keju, bubuk cabai dan masih banyak lagi. Bagi para pencinta makanan pedas, Anda bisa menambahkan saus cabai untuk menambah sensasi pedasnya. Harga makanan ini juga relatif murah yakni, Rp1.000 per potong.

 

Maklor (makaroni telor)

Sesuai dengan namanya, maklor merupakan akronim dari ‘makaroni telor.’ Proses pengolahan camilan ini pada dasarnya sama dengan cilor, yang membedakan hanya bahan dasar yang digunakan. Jika cilor berbahan dasar aci, maklor menggunakan makaroni yang telah direbus kemudian digoreng dengan adonan telur. Dari segi rasa, maklor memang menyuguhkan cita rasa gurih yang sangat khas dibandingkan cilor. Harganya pun memang sedikit lebih mahal yakni, Rp2.000-Rp3.000 per potong.

BACA JUGA:

Mengulik Tempat Makan Cokelat yang Lagi Ngehits di Blitar

Telung (telur gulung)

Jajanan anak SD yang satu ini seolah tidak ada matinya. Rasa telur gulung yang gurih memang bisa bikin siapa saja ketagihan. Bahkan, rasanya tidak cukup jika hanya menyantap satu atau dua tusuk saja. Seiring berkembangnya zaman, telur gulung menjadi salah satu jajanan tradisional yang kini kembali mendapat tempat di hati para pencinta kuliner nusantara. Buktinya, beberapa tempat makan dan café mulai memasukkan telung ke menu makanan mereka. Ada juga yang mencoba berkreasi dengan menambahkan lelehan keju mozzarella pada topping camilan tersebut. Menarik bukan?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini