nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inilah Rumah Tempat Eau de Cologne Diciptakan Pertama Kalinya

Dada Sathilla, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 04:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 22 406 1848523 inilah-rumah-tempat-eau-de-cologne-diciptakan-pertama-kalinya-JMeg68kHzT.jpg Museum Cologne di Jerman (Foto: Sabra Sathilla/Kontributor)

KOTA Cologne di Jerman memiliki nama yang unik karena mirip dengan nama parfum yang mendunia yaitu Eau de Cologne. Ternyata parfum Eau de Cologne memang diciptakan pertama kali di Cologne. Rumah yang digunakan untuk membuatnya pun masih ada hingga sekarang dan selalu ramai dikunjungi  turis.

Siapa yang tak kenal dengan Eau de Cologne ? Jenis parfum ini terkenal karena baunya yang wangi namun ringan. Sesuai dengan namanya Eau de Cologne dibuat pertama kali dibuat di kota Cologne, Jerman. Tepatnya di sebuah rumah yang berada di Obenmarspforten 21 oleh ahli parfum Italia yang baru saja pindah ke Cologne bernama Johann Maria Farina. 

 

Ia menciptakan Eau de Cologne sebagai penghargaan terhadap kota Cologne, tempat tinggalnya yang baru. Rumah tempatnya membuat Eau de Cologne dan memasarkannya kini diubah menjadi museum parfum yang selalu menarik kunjungan para wisatawan. Dengan membeli tiket masuk sebesar 5 Euro atau sekitar Rp82.200 pengunjung bisa melihat proses pembuatan parfum Eau de Cologne hingga ikut meracik parfum sendiri. 

Di dalam rumah yang bernama resmi fragrance museum ini pengunjung bisa mengikuti tur yang disediakan dalam beberapa bahasa termasuk bahasa Jerman dan Inggris. Dalam tur, pemandu akan menceritakan sejarah pembuatan Eau de Cologne. Ada banyak foto dan dokumen tentang pembuatan Eau de Cologne yang dipajang di museum.

Dengan ikut tur, pengunjung juga bisa mempelajari proses pembuatan Eau de Cologne dengan beberapa metode seperti yang dulu dilakukan Johann Maria Farina. Pemandu tur juga menunjukkan bahan - bahan pembuatnya dan memberi kesempatan pengunjung untuk mengetes indera penciuman dengan mencium bahan pembuat parfum yang tepat. 

Serunya lagi di akhir sesi setiap pengunjung akan diberikan satu botol Eau de Cologne ukuran mini. Bila ingin membeli varian Eau de Cologne lainnya bisa membeli di toko parfum yang buka di dalam fragrance museum. Eau de Cologne pertama di dunia kini tak dijual di pasaran namun hanya bisa ditemukan di fragrance museum. 

Karena fragrance museum termasuk tempat wisata populer di Cologne, sebaiknya membeli tiket secara online agar bisa mengikuti tur. Karena museum ini hanya bisa dikunjungi dengan tur bersama pemandu. Jangan lupa juga sesuaikan hari kedatangan dengan tur berbahasa yang diinginkan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini