5 Makanan untuk Perkuat Rahim agar Bebas dari Kelainan

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 22 481 1848293 5-makanan-untuk-perkuat-rahim-agar-bebas-dari-kelainan-AaU1DUx8ZE.jpg Buah berry (Foto: Boldsky)

BAGIAN rahim salah satu bagian organ yang sangat vital bagi wanita. Rahim yang sehat menentukan kesehatan reproduksi secara menyeluruh.

Bentuk rahim yang sehat bisa membantu memelihara, melindungi, serta mengembangkan janin. Pada saat hamil, wanita lebih mudah menjaga kesehatan janin.

Tak cuma itu, Anda juga bisa menghindari risiko kelainan rahim. Seperti polikistik ovarium sindrom, endometriosis, hingga jenis-jenis fibroid.

Sementara itu, apa yang Anda makan pasti memengaruhi kesehatan sistem reproduksi. Karenanya, Anda lebih disarankan untuk makan sumber vitamin D, antioksidan dan omega-3 asam lemak.

Semua nutrisi ini diperlukan untuk mempertahankan rahim dan ovarium yang sehat. Konsumsilah lima jenis makanan berikut setiap hari jika Anda ingin mempertahankan rahim yang sehat. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Senin (22/1/2018).

Makanan kaya serat

Makan sayur, buah hingga produk kacang-kacangan dengan teratur dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda. Diet tinggi serat juga dapat membantu menghilangkan produksi hormon estrogen, yang mungkin disimpan dalam tubuh Anda. Dalam satu hari, sertakan produk makanan bersumber kaya serat itu agar tubuh bisa lebih bugar sepanjang masa.

Produk susu

Jika Anda mengonsumsi produk susu secara teratur, seperti yoghurt, keju, susu dan mentega, hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan rahim. Semua produk susu kaya kalsium dan vitamin D. Sementara kalsium dapat membantu untuk menjaga tulang Anda lebih sehat dan vitamin D berperan besar dalam menjaga uterine fibroid.

Teh hijau

Aneka jenis teh hijau mengandung antioksidan yang tidak hanya membantu untuk menjaga kesehatan rahim, tetapi juga ovarium. Setidaknya bagian rahim harus dijaga setiap saat, demi menjaga janin yang kuat pada saat hamil. Anda selama 8 minggu berturut-turut harus rutin minum teh hijau setiap pagi atau sore hari.

Ikan

Ragam jenis ikan seperti ikan kembung dan salmon mengandung kaya lemak omega-3 asam lemak. Nutrisi tersebut membantu untuk mengurangi produksi prostaglandin di tubuh perempuan. Prostaglandin adalah hormon seperti senyawa yang dapat menyebabkan parah kontraksi rahim. Maka di saat hamil, Anda disarankan untuk makan ikan setiap hari, agar mencegah kontraksi sebelum waktunya.

Buah berry

Aneka jenis buah berry mengandung antioksidan kuat, yang dapat membantu melindungi ovarium dari radikal bebas. Buah ini dianggap sebagai superfood yang dapat melindungi ovarium dan rahim dari berbagai kondisi. Anda dapat menambahkannya ke dalam salad atau smoothie. Jangan bosan juga untuk makan strawberry, blueberry, blackberry dan aneka jenis buah berry yang lain.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini