nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teh vs Kopi, Mana Kandungan Kafeinnya yang Lebih Tinggi?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 10:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 22 481 1848321 teh-vs-kopi-mana-kandungan-kafeinnya-yang-lebih-tinggi-dr40NYpkSZ.png Ilustrasi (Foto: Amazonaws)

MINUM teh atau kopi sudah jadi kegemaran banyak orang di Indonesia, bahkan dunia. Namun, keduanya sama-sama mengandung kafein yang tidak boleh berlebihan dikonsumsi.

Ada persepsi yang lebih luas bahwa kopi memiliki lebih banyak kafein daripada teh. Tapi apakah ini benar? Sebelum menebak mana yang lebih tinggi kafein, simak dulu penjelasan ahlinya.

Bluebird Tea Co membeberkan, teh memang mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi. Namun jumlah kafein yang Anda konsumsi bergantung pada jenis teh yang Anda minum.

Secangkir teh standar memiliki setengah jumlah kafein dibandingkan dengan kopi. Namun, setiap varietas teh yang berbeda memiliki jumlah kafein yang berbeda.

(Baca Juga: Remaja Ini Tunjukkan Ekspresi Sedih Selama Resepsi Pernikahan, Ternyata Ini Alasannya)

Sebagai contoh, teh putih memiliki paling sedikit kafein dibandingkan teh hijau. Meski keduanya juga mengandung tinggi antioksidan yang baik dikonsumsi.

"Saat Anda minum teh, kafein keluar pertama dari daunnya," kata Ahli Kimia Nikolai Kuhnert dari Universitas Jacobs Bremen Jerman, dilansir Metro, Senin (22/1/2018).

(Baca Juga: Sering Mimpi Buruk? Begini Tips Mengatasinya agar Tidur Lebih Nyenyak)

Senyawa dalam teh itu disebut thearubigins yang merembes keluar dari tanaman. Beberapa benar-benar akan mengikat kafein, yang membuat otak menjadi respon.

Karena kafein adalah bahan kimia alami yang dikandung daun, buah-buahan dan kacang-kacangan. Efeknya bekerja dengan menghalangi adenosin, sebuah neurotransmiter yang terbentuk sepanjang hari membuat Anda merasa lelah.

"Kopi dianggap mengandung kafein yang lebih tinggi. Itu memang benar," tambah Kuhnert.

(Baca Juga: Makan Siang dengan 3 Olahan Daging, Termasuk Botok dan Perkedel Cabai)

Para ahli menyebutkan, setiap 226 gram bubuk kopi mengandung 150 milligram kafein. Bubuk teh hijau mengandung 75 milligram, teh hitam mengandung 50 milligram, teh oolong menhandung 45 milligram.

Maka tak salah jika Anda harus membatasi minum kopi demi menjaga kesehatan. Kalau tidak, dampaknya dalam jangka pendek membuat Anda lebih mudah kecanduan.

Tak hanya itu, minum kopi atau teh di malam hari juga mengekang Anda jadi sulit tidur. Jika ingin mengonsumsi, disarankan tidak lebih dari empat cangkir dalam sehari. (hel)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini