Solusi Jitu agar Wanita Cepat Hamil meski Suaminya Tidak Subur

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 22 481 1848473 solusi-jitu-agar-wanita-cepat-hamil-meski-suaminya-tidak-subur-58b82ksRtw.jpg Ilustrasi (Foto: Sheknows)

PASANGAN zaman now selalu mengeluh sulit hamil karena gaya hidupnya. Nah, Anda tak perlu khawatir bila salah satu pasangan tidak subur. Ada solusi yang memudahkan Anda agar cepat hamil.

Dalam lima tahun terakhir dilaporkan, terjadi peningkatan antara 20%-30% pasangan tidak subur. Akibatnya, mereka jadi sulit hamil, juga tidak nyaman berhubungan seks karena mengalami masalah tertentu.

BACA JUGA:

Ketika Artis Hollywood Punya KTP Indonesia, Bukti Kreativitas Netizen yang Luar Biasa

Ya, infertilitas baik pada pria maupun wanita, sangat umum terjadi akhir-akhir ini. Infertilitas bukan fenomena urban dan juga tak sekedar terbatas pada wanita.

Studi telah menunjukkan bahwa hampir 30% kasus infertilitas, penyebabnya dapat dikaitkan dengan masalah pada pria. Sayangnya, wanita banyak yang mengalami stigma sosial, karena merekan tidak dapat melahirkan anak.

Direktur IVF & Infertilitas di Rumah Sakit Fortis La Femme Delhi Dr Hrishikesh D Pai membantu mengatasi agar wanita bisa hamil, meski pasangan suaminya tidak subur. Berikut rangkumannya yang diulas Okezone, dilansir Thehealthsite, Senin (22/1/2018).

Intrauterine Insemination (IUI)

Cara ini bisa dicoba bila jumlah sperma paling sedikit 10 juta. Dalam proses ini, air mani dicuci dengan menggunakan metode khusus di laboratorium. Beberapa sperma ditempatkan menggunakan tabung tipis, yang dimasukkan ke dalam rahim wanita. Ini adalah prosedur yang sederhana dan murah, serta keberhasilannya tinggi.

Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI)

Metode ini mirip dengan prosedur bayi tabung. Telur dari wanita dikeluarkan dengan jarum di bawah kendali sonografi, yang ditempatkan di bawah mikroskop. Setiap sperma diambil dengan jarum dan disuntikkan langsung ke dalam telur, dengan mikromanipulator. Telur kemudian membuahi dan membelah. Setelah dua sampai tiga hari, embrio ditempatkan di rahim.

Pengangkatan sperma

Terkadang pria melakukan tes hormon dengan hasil yang normal. Tapi mungkin tidak ada sperma dalam air mani yang mampu membuahi sel telur. Dalam kasus tersebut, sperma dapat diangkat langsung dari testis menggunakan jarum kecil. Ini kemudian disuntikkan ke dalam telur, sama seperti menggunakan prosedur ICSI.

BACA JUGA:

Teh vs Kopi, Mana Kandungan Kafeinnya yang Lebih Tinggi?

Donor sperma

Ada juga kasus kegagalan testis lengkap dengan hormon abnormal, karena tidak ada sperma. Dalam kasus tersebut, sperma donor diperoleh dari bank semen. Ini kemudian disuntikkan ke dalam telur. Namun, di Indonesia hal ini jarang dilakukan karena pro dan kontra. Dokter juga menyarankan untuk melakukan prosedur yang aman agar wanita cepat hamil.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini