nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Wajah Mulus Lagi!

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 12:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 23 194 1848896 4-cara-menghilangkan-bekas-jerawat-wajah-mulus-lagi-sjZf3S7j5R.jpg Ilustrasi (Foto: India.com)

JERAWAT lazimnya diikuti dengan masalah lain, yaitu bekasnya yang lebih sulit dihilangkan dibandingkan mengempiskan jerawat itu sendiri. Nah, ketika jerawat berbekas, tekstur kulit menjadi tak merata.

Wajah pun akan dihiasi dengan noda hitam yang bisa menurunkan kepercayaan diri, utamanya bagi wanita. Dr. Howard Murad, seorang dermatologis menjelaskan terjadinya bekas jerawat. Menurutnya, bekas jerawat paling sering muncul di tempat jerawat yang paling meradang.

"Jerawat yang meradang akan dipenuhi kolagen, bercampur dengan kulit mati, pori-pori akan menjadi bengkak yang menyebabkan kerusakan pada dinding folikel. Namun secara alami, kulit akan memproduksi kolagen untuk memperbaiki kondisi kulit," jelas dokter kulit kenamaan itu, seperti dikutip dari Grazia Daily, Selasa (23/1/2018).

Dr. Murad juga mengatakan bahwa penyebab bekas jerawat berasal dari kolagen itu sendiri. Ketika produksi kolagen di kulit sedikit maka kulit wajah akan bergelombang ke dalam atau menjadi berlubang. Sedangkan ketika kelebihan kolagen, kulit wajah bisa timbul titik-titik bengkak.

(Baca Juga: Tingkah Lucu Zoe Ibrahim, Anak Kedua Baim dan Artika Saat Liburan ke Jepang)

Bila sudah begitu, bagaimana trik mengatasinya? Well, jangan khawatir berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit bertujuan untuk menyingkirkan kulit mati dan bekas jerawat. Pakailah produk pengelupas kulit seperti peeling atau scrub yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA). Kandungan tersebut mempercepat pergantian kulit baru, sehingga membantu untuk memudarkan bekas jerawat.

Penguapan

Menguapkan wajah dengan air hangat bisa mengeluarkan kotoran di balik kulit wajah. Campurkan air mawar dan perasan jeruk lemon pada wadah yang telah berisi air panas, lalu letakkan wajah di atas wadah. Diamkan tiga hingga lima menit, lalu bilas wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori. Air mawar dan lemon dipercaya bisa memudarkan bekas jerawat sekaligus mencerahkan kulit wajah.

(Baca Juga: Tes Darah Bisa Deteksi 8 Jenis Penyakit Kanker)

Pakai bahan alami

Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah menggunakan ramuan bahan alami rumahan. Mulai dari irisan kentang, lidah buaya, mentimun, tomat, es batu, hingga madu. Anda bisa mengaplikasikan irisan tersebut pada area yang berjerawat atau menjadikannya sebagai masker wajah.

Perawatan laser

Cara cepat untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan metode laser. Proses pengerjaannga menggunakan energi tinggi cahaya yang bekerja untuk menghilangkan bekas jerawat, bahkan mencegah keriput. Namun, metode ini cukup mahal untuk dilakukan dan sebelum melakukan metode ini sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit terlebih dulu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini