nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Bikin Rambut Berkilau, Ini Akibatnya Terlalu Sering Keramas

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 05:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 23 194 1849195 bukan-bikin-rambut-berkilau-ini-akibatnya-terlalu-sering-keramas-RdLZl0XWMK.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

KERAMAS atau ritual mencuci rambut merupakan salah satu langkah perawatan rambut yang paling mudah dilakukan. Namun, yang kerap menjadi perdebatan adalah seberapa sering Anda harus keramas?

Mungkin Anda mendengar bahwa sering keramas bisa membuat rambut lebih sehat, tapi ada pula yang berpendapat untuk tidak mencuci rambut terlalu sering. Lantas, mana pendapat yang benar?

Seorang celebrity stylist mengungkapkan bahwa keramas terlalu sering justru bisa memicu masalah rambut, salah satunya adalah rambut patah hingga rusak.

"Bila rambut sering dicuci membuat kelembapannya berkurang yang berlanjut pada kondisi rambut yang lemah dan rusak. Oleh karena itu, jangan terlalu sering keramas untuk menjaga minyak alami pada rambut Anda," tutur Neil Moddie, seperti dilansir Dailymail, Rabu (24/1/2018).

Neil pun menjelaskan bahwa tidak ada jumlah yang tepat berapa kali seseorang harus keramas. Menurutnya, hal tersebut bergantung pada tekstur rambut dan kondisi produksi minyak rambut.

Dan, bila Anda mengalami kondisi rambut rusak, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa Anda terlalu sering keramas. Namun, tak hanya itu yang menjadi penyebabnya, rambut basah biaa rentan terhadap kerusakan akibat kebiasaan menyisir dan tidur dalam keadaan rambut masih basah.

Selain mencuci rambut dengan sampo, penting pula untuk mengaplikasikan kondisioner sesudahnya. Hal ini berguna untuk mengembalikan kelembapan rambut.

"Mengaplikasikan kondisioner kemudian membilasnya langsung tak ada gunanya. Karena rambut butuh waktu untuk menarik bahan yang dibutuhkannya," papar Neil.

"Biarkan kondisioner selama 20 menit agar terserap pada rambut secara sempurna," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini