6 Trik Singkirkan Kecoa agar Tak Bersarang di Rumah

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 23 196 1848847 6-trik-singkirkan-kecoa-agar-tak-bersarang-di-rumah-z45cgjnbtn.jpg Trik Usir Kecoa (Foto: Boldsky)

Rumah yang kotor bisa jadi sarang aneka ragam hewan, seperti kecoa atau cicak. Anda harus menyingkirkannya, supaya tinggal di rumah tetap nyaman. Kecoa ini merupakan pembawa bakteri potensial bagi penghuni di rumah. Apalagi kalau tiba-tiba menempel di makanan, bisa membuat Anda keracunan

Maka menyingkirkan kecoa jadi hal wajib yang dilakukan oleh setiap penghuni rumah. Bagaimana caranya?

Anda harus kenal dengan metode menyingkirkan hewan pengganggu yang berbabaya. Simak 6 ulasannya berikut ini dilansir Boldsky, Selasa (23/1/2018).

Menjaga kebersihan rumah

Rumah Anda harus bersih dari debu dan kotoran berlebihan. Kebersihan rumah adalah faktor terpenting yang harus dijaga untuk menyingkirkan kecoa. Jangan pula menyisakan makanan di atas meja, karena menjadi buruan kecoa yang mudah.

Pasang umpan

Biarkan kecoa masuk ke dalam perangkap atau umpan yang dipasang di sudut-sudut tembok. Sebab, kecoa bisa sebabkan Anda mudah terkena penyakit infeksi. Ada gel yang digunakan untuk memasang umpan, yang banyak ditemukan di pasaran. Pastikan pasang setiap hari agar mereka terperangkap.

Rumah harus berventilasi baik

Jika ada sinar matahari ke dalam rumah, akan memungkinkan adanya bentuk air yang menguap ke udara. Jangan biarkan rumah Anda lembab, selain memicu pertumbuhan jamur, juga memicu datangnya kecoa. Maka rumah harus berventilasi baik dan jendela selalu dibuka setiap pagi.

Gunakan serbuk asam borat

Penggunaan serbuk asam borat pada area yang rentan terhadap kecoa, bisa menyebabkan penurunan timbulnya hewan tersebut. Asam borat bisa diaplikasikan pada suatu daerah, atau bahkan disemprotkan ke seluruh rumah. Cara ini mudah diaplikasikan dan aman sekali.

Pakai daun salam

Gunakan daun salam untuk mengusir kecoa selamanya dari rumah Anda. Metode ini efektif karena aman dan tidak mengandung racun. Bau yang kuat dari daun salam menghentikan kecoa agar tidak masuk, karena mereka tidak bisa mentolerir baunya. Caranya gantung daun-daun ini di pintu masuk jalannya kecoa bersarang.

Jaga ruangan tetap dingin

Ruangan ber-AC bisa mengurangi sarang kecoa. Karena hewan tersebut sulit beradaptasi dengan hawa dingin. Kecoa aktif dalam suhu panas dan bisa terbang kemanapun. Karena itu, biarkan rumah Anda ber-AC dan nyalakan setiap saat agar bebas kecoa.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini