5 Cara Ampuh Atasi Stres saat Kehamilan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 23 196 1849064 5-cara-ampuh-atasi-stres-saat-kehamilan-lorAxSymaN.jpg Tips mencegah stres saat hamil (Foto:Boldsky)

SAAT masa kehamilan bukan berarti seorang wanita terbebas dari stres. Mereka malah rentan mengalaminya karena pengaruh hormonal.

Namun, hal buruk tersebut jangan dibiarkan saja, karena dampaknya bisa mengganggu kehamilan. Ibu hamil yang mudah stres bisa menyebabkan anaknya gampang cemas saat tumbuh dewasa nanti.

Maka, sebagai calon ibu yang cerdas, Anda harus pintar mengelola stres supaya tidak mengalami dampaknya. Caranya sederhana, karena bila dilakukan oleh siapapun.

Agar tak penasaran, berikut lima cara mengelola stres yang wajib dilakukan oleh ibu hamil. Simak ulasannya lebih lanjut, dilansir Babycentre, Selasa (23/1/2018).

BACA JUGA:

Menguak 3 Angka Jawa yang Mengandung Makna Filosofi

Istirahat cukup

Saat hamil, wanita harus melakukan istirahat yang cukup. Ajak janin berkomunikasi pada saat itu. Anda bisa bersantai sembari merelaksasi pikiran, apalagi selepas bekerja. Bayi dalam perut akan merespon Anda dengan cara yang unik, yakni dengan gerakan seperti menendang setiap menit. Tak cukup itu, saat malam hari Anda juga harus tidur nyenyak dengan melakukan trik tertentu sebelum memulai tidur.

Curhat dengan pasangan

Apabila ibu hamil menghadapi sesuatu hal yang menjadikannya beban, lebih baik Anda curhat dengan si dia. Cari solusi yang penting untuk meredakan stres. Jangan memicu kekhawatiran karena satu faktor, yakni cemas tidak bisa menyelesaikan masalah. Di saat-saat genting seperti itu, yang pasti Anda butuh pasangan yang mengerti permasalahan yang tengah Anda hadapi.

Makan sehat

Diet sehat dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung asam lemak esensial omega-3, vitamin dan mineral, bisa mengangkat mood Anda. Asam lemak omega-3 biasanya ditemukan pada minyak ikan. Ata mahal dari ikannya langsung, yakni salmon, tuna, mackerel, sarden, pilchard dan trout. Minimal Anda makan tiga kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya. Tak hanya asam lemak omega-3, kandungan tryptophan juga membantu menaikkan kadar zat kimia melatonin dan serotonin otak.

 BACA JUGA:

5 Tips Sederhana Ini Bisa Bikin Anak Lebih Percaya Diri

Lakukan olahraga

Olahraga bisa memperbaiki mood Anda. Ini sangat aman untuk berolahraga selama kehamilan. Jika Anda tidak berolahraga sebelum hamil, sekarang mungkin saat yang tepat untuk memulai. Berenang adalah salah satu cara yang ideal untuk meredakan stres saat hamil.

Persiapkan proses melahirkan

Rencanakan proses melahirkan bayi sebaik mungkin. Bicarakan dengan bidan atau dokter seputar proses melahirkan normal. Usahakan Anda percaya diri untuk melahirkan normal. Karena banyak manfaatnya yang menguntungkan, daripada harus melahirkan caesar.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini