Seruput Kopi Sambil Belajar Sejarahnya di Keboen Kopi Karanganyar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 23 298 1849155 seruput-kopi-sambil-belajar-sejarahnya-di-keboen-kopi-karanganyar-4ZeP3qnR92.jpg Kebun kopi di Blitar (Foto:Dimas/Okezone)

TREN kopi kekinian tampaknya akan terus berkembang untuk beberapa tahun ke depan. Hal ini terlihat dari data pertumbuhan peminum kopi di Indonesia yang meningkat 8% lebih tinggi dari pertumbuhan kopi secara global yang hanya 6%.

Senada dengan data tersebut, temuan Euromonitor juga mendapati kedai kopi di Tanah Air bertumbuh cepat sejak lima tahun terakhir. Saat ini, setidaknya 1.083 kedai kopi berada di Indonesia - dan sebagian besar berlokasi di Jakarta.

Konsep yang diusung pun sangat beragam. Beberapa pegiat kopi memilih konsep minimalis modern untuk menarik perhatian konsumen yang didominasi generasi millennials. Namun, ada juga kedai kopi yang mengedepankan kearifan lokal. Seperti yang dilakukan Keboen Kopi Karanganyar di kawasan Blitar, Jawa Timur.

 

 BACA JUGA:

Pecak Bandeng hingga Sayur Lombok Ijo, Rekomendasi Makan Siang Menggugah Selera

Pada awalnya, tempat ini merupakan salah satu area kebun kopi peninggalan Belanda yang telah ada sejak tahun 1874. Hal ini ditandai oleh deretan bangunan-bangunan kuno yang masih berdiri kokoh di atas lahan seluas 250 hektar.

Setelah melewati pintu gerbang, wisatawan akan disambut pemandangan asri, serta rumah-rumah berdesain Belanda yang masih dijaga keasliannya. Salah satunya adalah Rumah Loji.

Rumah ini dilengkapi dua kamar tidur, satu ruang display, dan satu ruang keluarga. Uniknya, salah satu ruangan di Rumah Loji ini sengaja diberi nama Kamar Bung Karno karena semua benda yang ada di ruangan tersebut pernah digunakan oleh Presiden Soekarno semasa hidupnya.

"Barang-barangnya sudah pernah dipake Bung Karno sewaktu tinggal Hotel HI, tepanya di kamar nomor 806. Beliau juga pernah datang kesini pada tahun 1957," tutur Indah, Public Relations Keboen Kopi Karanganyar, kepada Okezone, Minggu 21 Januari 2018.

Salah satu benda yang sempat menarik perhatian Okezone adalah lukisan seorang wanita yang ternyata merupakan hasil karya Bung Karno. Hingga saat ini belum diketahui siapa sosok dibalik lukisan tersebut.

Setelah puas mengeksplorasi Rumah Loji, Anda bisa menyusuri area Koffiesboomstrat yaitu, area khusus bagi para wisatawan yang ingin melihat langsung seperti apa bentuk dan perawatan pohon kopi di Keboen Kopi Karanganyar.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat melihat langsung pabrik kopi peninggalan Belanda, dan menikmati secangkir kopi hangat di OG (Onze Groutondeers) Kafe. Jenis kopi yang ditawarkan sebagian besar merupakan olahan kopi robusta.

Harga kopinya pun sangat terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp10 ribu (untuk kopi tubruk) - Rp15 ribu (untuk racikan kopi dengan metode v60 atau vietnam drip). Kafe ini juga menjual produk kopi bubuk dengan berbagai pilihan kemasan. Untuk kopi bubuk seberat 150 gram dijual seharga Rp20 ribu - Rp40 ribu, sedangkan berat 250 gram dijual seharga Rp30 ribu - Rp50 ribu.

Jika beruntung, Anda bisa dilayani oleh barista asing yang sedang mengikuti program volunteer di kafe tersebut.

BACA JUGA:

Resep 2 Olahan Ikan Tuna Sedap untuk Makan Malam, Dijamin Menggugah Selera!

"Nama programnya itu Filosofi Kopi. Mereka akan diberi pelajaran bercocok tanam kopi, memelihara, roasting, sampai penyajiannya. Program ini biasanya berlangsung selama 2 minggu. Sebagian besar volunteer, sebetulnya sedang liburan dan program ini menjadi salah satu paket liburan mereka," jelas Wima Brahmantya, Direktur Utama Keboen Kopi Karanganyar.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini? Keboen Kopi Karanganyar terletak di Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Harga tiket dibanderol seharga Rp5 ribu per orang.

Bagi Anda yang berencana berlibur bersama keluarga, tidak perlu khawatir! Keboen Kopi Karanganyar juga menyediakan berbagai fasilitas menarik seperti wahana bermain anak, treking kebun kopi menggunakan ATV, airsoft gun, dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini