nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kampung Durian, Destinasi Wisata Baru untuk Penggila Durian

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 01:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 23 406 1848788 kampung-durian-destinasi-wisata-baru-untuk-penggila-durian-y1FvCYmwcN.jpg (Foto: Dimas Andhika Fikri/Okezone)

SIAPA yang tidak tahu durian? Buah eksotis ini sangat populer karena memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Saking terkenalnya, durian sering dijuluki sebagai king of fruits.

Berbicara soal durian, Indonesia menjadi salah satu penghasil terbesar di kawasan Asia Tenggara. Varietas duriannya pun sangat beragam, sesuai dengan karakter daerah masing-masing.

Contohnya adalah Kediri. Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki sejumlah varietas durian yang sudah dikenal oleh para pencinta kuliner nusantara. Salah satunya durian slumbung.

Ciri khas durian Slumbung terletak pada tekstur daging yang legit dan tidak keras, serta cita rasa manis yang pas di lidah. Selain itu, Kediri juga memiliki varietas durian unik lainnya seperti durian semoyo, durian kelud, durian gapu, dan masih banyak lagi.

Pemerintah Kabupaten Kediri sebetulnya sudah merancang berbagai program menarik untuk mempromosikan durian lokal ke masyarakat luas. Apalagi pasca erupsi Gunung Kelud yang terjadi pada 2014 lalu, perekonomian warga setempat mengalami penurunan signifikan.

Untuk membangkitkan kembali potensi-potensi tersebut, maka dikembangkanlah area wisata baru yang terbagi menjadi 2 zona yakni, zona sirkuit Kelud dan zona agro. Di zona agro inilah wisatawan dapat mencicipi langsung berbagai produk durian khas Kediri.

Dibangun di area seluas 1 hektar, Kampung Durian dilengkapi sejumlah fasilitas menarik seperti wahana permainan anak, spot selfie, gazebo, cafe, dan tentunya lahan perkebunan yang ditumbuhi 30 pohon durian.

"Di tempat ini para pengunjung dapat menikmati berbagai jenis durian unggulan dari seluruh wilayah di Kediri. Karena pada dasarnya, kami juga ingin memberikan pengalaman edukasi kepada mereka, seperti menjelaskan proses penanaman, pengolahan, dan lain sebagainya," tutur Safuan, Kepala Pengelola Kampung Durian kepada Okezone, di Kampung Durian, Kediri, Senin (22/1/2018).