nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Liburan dengan Biaya Minim? Pilih Kota di Indonesia dan Beberapa Negara Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 17:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 23 406 1849125 ingin-liburan-dengan-biaya-minim-pilih-kota-di-indonesia-dan-beberapa-negara-ini-NmxEkCeF5T.jpg Pantai Trikora di Batam (Foto: Utami/Okezone)

WISATA kini seakan menjadi kebutuhan setiap orang yang sudah penat dengan rutinitas sehari-hari, termasuk masyarakat Indonesia. Destinasi yang dituju pun beragam, ada yang lebih memilih mengunjungi kota-kota di negaranya maupun pergi ke luar negeri. Salah satu faktor yang menentukan pemilihan destinasi adala budget yang dimiliki.

Bila Anda ingin merasakan liburan namun memiliki budget yang terbatas, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata yang biaya hidup sehari-harinya ramah di kantor. Melansir Koran Sindo, Selasa (23/1/2018), berikut sejumlah destinasi murah yang bisa dikunjungi

Kota Wisata Murah Indonesia

Batu, Malang

Kota Batu merupakan destinasi yang kian populer di Jawa Timur. Di sana wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dan udara yang sejuk. Banyak tempat rekreasi yang bisa dikunjungi dan harga tiket masuknya cukup murah. Sebut saja Alun-Alun Kota Batu, Museum Angkut, Omah Kayu, dan masih banyak lagi.

Batam, Kepulauan Riau

Kota terbesar di Kepulauan Riau ini identic dengan pusat belanja barang impor. Ya, banyak barang dri luar negeri yang masuk melalui Kota Batam. Selain tempat yang pas untuk berbelanja, di sini wisatawan juga bisa menikmati obyek wisata yang menawarkan keindahan laut. Sejumlah obyek wisata yang bisa dikunjungi antara lain Mega Wisata Ocarina Park, Queen Garden Waterboom, Kampung Vietnam, Bukit Senyum, Alun-Alun Engku, dan tentunya Nagoya Hill.

 (Baca Juga: Objek Wisata Gunung Kelud Dibuka untuk Umum pada 2019)

Bandung

Ibukota provinsi Jawa Barat ini seringkali dijadikan pilihan destinasi oleh warga Jakarta untuk menghabiskan libur akhir pekan. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, harga-harga untuk masuk ke obyek wisata di sana pun tidak mahal. Malah wisatawan dapat menikmati berbagai aneka taman di Kota Bandung secara cuma-cuma dan bisa digunakan sebagai tempat kumpul bersama keluarga. Jangan lupa pula untuk mencicipi aneka kuliner khas.

Yogyakarta

Ingin berwisata murah meriah? Yogyakarta adalah jawabannya. Di sana banyak pantai yang bisa dikunjungi, bahkan beberapa di antaranya tidak dikenai biaya masuk. Hanya retribusi yang masih ramah di kantong. Wisatawan juga bisa mengunjungi kawasan Jalan Malioboro untuk berburu oleh-oleh yang harganya murah.

 (Baca Juga: Napak Tilas Sejarah Derbent, Kota Tertua di Rusia)

Singaraja, Bali

Kota yang terletak di sisi utara Pulau Bali ini membuat wisatawan memiliki pengalaman liburan yang jauh dari hiruk pikuk. Dengan begitu wisatawan dapat merilekskan pikiran dan tubuh dengan lebih optimal. Salah satu obyek wisata yang bisa dijadikan pilihan adalah mengunjungi Pantai Lovina di pagi hari untuk melihat lumba-lumba.Di Singaraja, wisatawan juga bisa mengunjungi Taman Nasional Bali Barat yang ramah untuk anak-anak.

Negara Wisata Murah

Vietnam

Negara di ASEAN seringkali dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah Vietnam. Di sana wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang rata-rata Rp70 ribu per orang untuk menginap per malamnya. Selain itu, untuk mencicipi aneka makanan lokal biaya yang dikeluarkan mulai dari Rp20 ribu hingga Rp70 ribu.

 (Baca Juga: 10 Kota Termahal di Dunia untuk Liburan, Biaya Hidup Rata-rata Rp2 juta Per Hari)

India

Berkunjung ke India wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sekira Rp250 ribu untuk naik kereta AC dengan fasilitas lengkap. Biaya yang dikeluarkan untuk makan dan penginapan pun tak membuat wisatawan harus merogoh kocek yang terlalu dalam.

Bolivia

Ingin mengunjungi benua Amerika sekaligus iris budget? Bolivia bisa menjadi jawabannya. Biaya hidup di negera yang dikelilingi Pegunungan Altiplano ini hanya sekira Rp250 ribu untuk penginapan per malamnya. Selain itu, wisatawan juga bisa hanya sekadar berkeliling untuk melihat pemandangan yang indah. Masyarakat di sana pun sering mengadakan pesta budaya dan tarian otentik yang tentu dapat dinikmati dengan cuma-cuma.

 (Baca Juga: Tingkah Lucu Zoe Ibrahim, Anak Kedua Baim dan Artika Saat Liburan ke Jepang)

Hungaria

Berkunjung ke Eropa tak harus selalu mahal. Wisatawan bisa mengunjungi destinasi bersejarah seperti Hungaria. Terlebih biaya yang ditawarkan terbilang murah. Untuk menginap satu malam, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang tak sampai Rp 200 ribu per malamnya di pondokan yang berada di wilayah Budapest.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini