5 Hal Ini Bantu Pemulihan Diri Pasca Depresi

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 23:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 23 481 1849308 5-hal-ini-bantu-pemulihan-diri-pasca-depresi-peFgNjdB3I.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

SESEORANG yang mengalami depresi berat seyogyanya mendapatkan penanganan khusus. Alasannya karena depresi tanpa perawatan dapat berdampak pada hal-hal yang diinginkan seperti bunuh diri. Perawatan bisa dilakukan oleh psikiater maupun dokter kejiwaan.

Penanganan untuk orang-orang yang terkena depresi tidak hanya sebatas pada perawatan. Ada pula tahapan untuk memulihkan kondisinya. Melansir Mirror, Selasa (23/1/2018), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pemulihan seperti bersosialisasi, menjadi pribadi yang lebih aktif, berusaha lebih sadar, berhati-hati untuk memulai suatu hal yang baru, dan menjadi dermawan.

 (Baca Juga: Pernah Miliki Bobot 90 Kg, Ini yang Dilakukan Brandon Salim)

Depresi biasanya disebabkan karena seseorang merasa kesepian. Maka dari itu, di masa pemulihan orang yang terkena depresi bisa memanfaatkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya seperti keluarga, teman, rekan kerja, dan tetangga. Selain itu, bisa juga menjalin hubungan dengan orang lain yang pernah mengalami depresi dan berhasil melewatinya. Dengan begitu orang tersebut dapat termotivasi.

Cara selanjutnya adalah menjadi pribadi yang lebih aktif untuk bergerak. Menurut seorang ahli, Emer O'Neill berlatih selama 20 menit setiap hari dapat membuat seseorang merasa lebih baik karena merangsang pelepasan endorfin sehingga membantu menaikkan mood. Tak hanya itu, olahraga dapat meningkatkan energi, nafsu makan, dan waktu tidur. Dalam beberapa penelitian diungkapkan aktivitas fisik lebih baik bila dibandingkan dengan pengobatan.

 (Baca Juga: Kontroversial, Fashion Police di Belanda Akan Tangkap Orang Berpakaian Mahal Tapi Berwajah Miskin)

Langkah selanjutnya adalah menjadi sadar. Hal ini penting untuk seseorang yang pernah mengalami depresi. Menyadari keadaan di sekitarnya, menerima komentar yang tidak biasa, dan memperhatikan perubahan dapat membantunya memiliki perhatian penuh. Alternatif lain yang bisa dipilih adalah pijat terapi.

Bila mengalami depresi, beberapa orang mungkin untuk menyarankan untuk memiliki aktivitas yang disukai guna menyalurkan stres. Akan tetapi, tidak semua kegiatan bisa dilakukan. Hal pertama yang harus dipelajari adalah mengenali diri sendiri lebih dahulu. Cara itu membuat seseorang mengetahui kegiatan yang sesuai dengan minatnya.

Sering memberikan pertolongan kepada orang lain juga bisa membantu seseorang dalam masa pemulihan pasca depresi. Perbuatan itu dapat memunculkan rasa bahagia yang baik untuk mood. Mulailah dengan tersenyum dan meluangkan waktu menjadi relawan yang tergabung dalam kelompok masyarakat.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini