nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bentuk Kepala Bayi Aneh saat Baru Lahir, Ini Sebabnya

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 25 Januari 2018 07:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 24 196 1849711 bentuk-kepala-bayi-aneh-saat-baru-lahir-ini-sebabnya-3q2aPSs91q.jpg Kepala bayi bentuknya aneh saat baru lahir (Foto:Huffpost)

KEPALA  bayi ketika pertama kali hadir ke dunia mungkin terlihat tidak sempurna dan tak jelas bentuknya. Tapi itu normal dan bukan tanda adanya suatu masalah.

Kelahiran anak adalah pengalaman unik dan indah yang kadang dihiasi air mata kegembiraan. Namun, kerap timbul pertanyaan, "Kenapa bentuk kepalanya seperti itu?" Ya, bentuk kepala anak ketika pertama kali lahir memang agak aneh, sedikit lonjong dan samar, mungkin akan terlihat seperti alien, tapi sekali lagi itu normal.

Penyebab bentuk kepala bayi yang belum sempurna bisa disebabkan karena proses lahir lewat vagina yang sempit, dan bentuknya memang belum sempurna ketika berada di rahim ibu, namun seiring bertambahnya usia bentuknya akan berubah dan normal.

BACA JUGA:

7 Tanda Anda adalah Karyawan Kesayangan si Bos

"Bentuk kepala bayi memang belum sempurna, maka tak heran jika terlihat seperti bayi alien. Namun dalam 24 sampai 72 jam akan terlihat perubahan sedikit demi sedikit," kata Kathleen Rowland, seorang dokter dan profesor di Rush Medical College, seperti dilansir Huffpost, Kamis (25/1/2018).

Proses kelahiran normal akan membuat kepala bayi lahir agak memanjang. Hal ini tak ada hubungannya dengan kecerdasan anak nantinya. Seperti yang pernah diklaim oleh teori frenologi, pseudosains abad ke-19 menyebut bentuk tengkorak bayi akan mendikte aspek kecerdasan dan kepribadian mereka nantinya. Tapi teori itu kini dinilai tidak ilmiah dan rasis.

Beberapa bayi mungkin lahir dengan mengalami pendarahan di kulit kepala (cephalohematoma) sehingga menyebabkan kepala bengkak. Tetapi kondisi ini bisa pulih kembali.

BACA JUGA:

Agatha Chelsea-Billy Davidson Blak-blakan Soal Jatuh Cinta Sama Sahabat

"Ini bukan masalah besar dan bisa ditangani secara medis. Dalam beberapa bulan ini bisa pulih kembali," jelas Rowland.

Masalah lain yang terjadi dengan kepala bayi adalah bentuknya datar atau gepeng. Rowland menjelaskan hal itu dapat disebabkan karena ketika lahir bayi banyak tidur. Posisi telentang itulah yang mengakibatkan bentuknya datar.

"Bantuk ini bisa diperbaiki dengan cara memberi posisi terbaik saat menggendong ketika menyusui. Yaitu dengan memegang kepalanya. Sebab ketika posisi telentang, akan ada tekanan di bagian belakang kepala bayi," tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini