nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Minyak Zaitun Saat Pagi Hari Mampu Cegah Penyakit Diabetes

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 10:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 24 481 1849417 konsumsi-minyak-zaitun-saat-pagi-hari-mampu-cegah-penyakit-diabetes-7t96yeVR0S.jpg

MINYAK zaitun kerap digunakan untuk memasak dan kosmetik. Jangan abaikan manfaatnya, karena bisa mencegah berbagai macam penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2.

Belakangan ini, minyak zaitun kembali populer digunakan oleh banyak orang. Meski awal yang mengenalkannya yakni orang-orang Yunani kuno.

Belum lagi, khasiat minyak zaitun akan lebih banyak saat dikonsumsi di pagi hari. Termasuk salah satunya mencegah perut sembelit yang menyakitkan.

Lebih dari itu, dilansir Boldsky, Rabu (24/1/2018), ada 7 manfaat minyak zaitun, terlebih saat dikonsumsi setiap pagi. Simak ulasannya lebih lanjut berikut ini.

Mencegah penyakit jantung

Saat ini tak sedikit orang menderita penyakit jantung mendadak. Sejak muda, Anda harus menyelamatkan diri dari ancaman penyakit tersebut. Salah satu caranya yakni dengan mengonsumsi minyak zaitun, karena mengandung lemak baik yang melancarkan aliran darah ke arteri.

Turunkan berat badan

Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang dapat membantu Anda meningkatkan laju metabolisme. Hal ini tentu bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan cara yang aman. Wanita harus mengonsumsinya, supaya mendapatkan manfaat tersebut.

(Baca Juga: Bertualang Menuju Air Terjun di Pedalaman Bengkulu dengan Jalanan Terjal dan Penuh Mitos)

Menurunkan kolesterol

Konsumsi satu sendok makan minyak zaitun setiap hari, juga dikenal untuk mencegah perkembangan kolesterol tinggi. Tentu keuntungannya dapat menghapus akumulasi plak di arteri dan menjadi pelumas dinding arteri.

(Baca Juga: Pakai Bra Pink, Selena Gomez Bergaya Cool dan Seksi)

Mengurangi nyeri sendi

Nnyeri sendi dapat disebabkan oleh sejumlah alasan seperti obesitas, arthritis, usia, osteoporosis, dan lainnya. Sementara minyak zaitun menjadi pelumas alami untuk mencegah sendi terganggu. Tak cuma itu, minyak zaitun juga dilengkapi dengan anti-inflamasi yang dapat mengurangi nyeri sendi menyakitkan.

(Baca Juga: Fakta Minyak Zaitun Mungkin Belum Anda Tahu)

Mencegah diabetes tipe 2

Diabetes salah satu penyakit gangguan metabolik, yang mana tingkat gula darah naik di atas angka normal. Ada banyak studi yang menyebutkan, seseorang yang mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat menjaga produksi insulin dalam tubuh, sehingga dapat mencegah diabetes tipe 2.

(Baca Juga: Minyak Zaitun Bisa untuk Menggoreng, asal..)

Mencegah kanker

Seperti yang kita sudah tahu, kanker adalah salah satu yang paling mematikan penyakit yang dapat mempengaruhi manusia. Gejalanya dapat menghancurkan sel sehat juga. Daripada khawatir dengan penyakit ini, lebih baik konsumsi minyak zaitun sejak muda, untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Mengurangi sembelit

Jika Anda ingin melancarkan pencernaan supaya bebas sembelit, maka konsumsilah minyak zaitun. Minyak sehat ini dapat melumasi usus Anda dengan alami. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari, khasiatnya dapat melancarkan buang air besar yang menyenangkan tentunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini