nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Secangkir Kopi Hitam Bantu Turunkan Berat Badan, Alasannya?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 11:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 24 481 1849443 minum-secangkir-kopi-hitam-bantu-turunkan-berat-badan-alasannya-pZDWBhP3ZH.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

MINUM secangkir kopi hitam tak boleh dilewatkan setiap hari. Manfaatnya sangat menakjubkan, yakni membantu Anda menurunkan berat badan.

Namun, belakangan ini, orang mengenal green coffee yang bisa menurunkan berat badan. Tapi tak usah khawatir bagi pencinta kopi hitam, Anda juga bisa ikut menurunkan berat badan yang menguntungkan.

Sebelum itu, minum kopi pada dasarnya meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Kebiasaan ini juga dapat menurunkan risiko penyakit hati dan diabetes tipe 2.

Diteliti lebih lanjut, minum kopi hitam tanpa gula bisa membantu Anda punya tubuh langsing. Karena minuman tersebut rendah kalori, apalagi tidak ditambahkan gula 

Pastikan Anda tidak minum berlebihan, karena membawa dampak buruk juga. Agar tahu alasan kenapa minum kopi hitam bisa menurunkan berat badan, simak ulasan berikut, dilansir Livestrong, Rabu (24/1/2018).

Rendah kalori

Kopi hitam tergolong minuman bebas kalori, satu cangkirnya memiliki 69 kalori. Sementara rata-rata orang minum tiga cangkir kopi sehari, yang mengandung hingga 207 kalori ekstra. Karena itu, minuman ini aman dikonsumsi bagi orang yang diet sekalipun.

Kafein bermanfaat

Kafein menawarkan beberapa manfaat untuk membakar kalori, yang membantu menurunkan berat badan. Satu studi laboratorium, yang diterbitkan di Food & Function pada tahun 2012 menemukan, kafein mendorong thermogenesis, yakni sebuah fenomena yang membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Sebuah laporan dari International Journal of Obesity, yang diterbitkan pada tahun 2010 mencatat, senyawa termogenik seperti kafein dapat bekerja lebih baik pada beberapa orang. Kandungan ini efektif menurunkan berat badan, sehingga Anda bisa mengandalkannya.

Mencegah obesitas

Ada juga beberapa bukti yang menghubungkan kopi dengan berat badan, serta pengendalian berat badan. Satu studi yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology pada tahun 2015, mempelajari kebiasaan makan lebih dari 93.000 orang, yang mencari pola antara konsumsi dan berat kopi.

Penulis penelitian mengamati bahwa orang yang minum lebih banyak kopi memiliki risiko obesitas yang lebih rendah. Juga, menurunkan risiko diabetes tipe 2. Karena minuman ini jelas mengandung rendah kalori dan bebas lemak.

Jika minum kopi hitam bebas kalori, Anda harus tetap mengkonsumsi asupan pendamping agar tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein. Tapi terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein ini membuat Anda gelisah, mengganggu tidur, menyebabkan kecemasan, depresi atau detak jantung yang cepat. Maka, saat ingin minum kopi atau malah terbiasa, jangan minum lebih dari tiga cangkir sehari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini