Perih Akibat Lidah Melepuh, Redakan dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 24 481 1849802 perih-akibat-lidah-melepuh-redakan-dengan-bahan-bahan-alami-ini-gA7lWQLB0N.jpg Ilustrasi (Foto: Magazine)

MENYESAP kopi atau teh panas di pagi hari memang sangat nikmat. Namun, terkadang kopi yang terlalu panas saat dikonsumsi dapat menyebabkan lecet atau luka pada lidah. Akibatnya, rasa tidak nyaman akan dirasakan lidah seperti terbakar yang terasa perih.

Selain menyesap minuman yang terlalu panas, penyebab lain dari melepuhnya lidah adalah alergi makanan, infeksi virus, bisul mulut, sindrom lidah terbakar dan kondisi medis tertentu seperti diabetes, anemia, dan kanker mulut.

Nah, untuk mengobatinya ternyata Anda hanya perlu menggunakan beberapa obat alami ini. Melansir dari Boldsky, berikut obat alami yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan lidah yang terbakar.

1. Garam

Garam adalah obat rumahan yang baik untuk mengobati lidah yang lecet. Obat alami ini bisa membunuh bakteri dan mencegah infeksi sehingga berguna dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam dalam secangkir air suam-suam kuku. Kumur di dalam mulut selama 30 detik. Ulangi penggunaannya sebanyak 5 kali dalam sehari.

 (Baca Juga: 200 Vaksin Difteri Akan Dibagikan Gratis di Medan)

2. Baking soda

Baking soda memang diketahui sangat efektif dalam mengobati lecet pada lidah. Sifat anti-inflamasi mampu membantu dalam menenangkan rasa sakit dan pembengkakan. Caranya cukup tambahkan satu sendok teh baking soda ke secangkir air hangat. Kumur di dalam mulut selama 2 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Hidrogen peroksida

Bahan alami ini dapat membantu dalam mengobati lidah yang lecet. Kandungan yang terdapat dalam hidrogen peroksida, seperti sifat antibakteri dan disinfektan yang kuat akan membunuh bakteri serta mengurangi risiko infeksi. Anda bisa mencampurkan sejumlah hidrogen peroksida dalam air hangat. Oleskan ramuan tersebut dengan manggunakan kapas ke bagian yang lecet. Biarkan selama 2 menit lalu bilas mulut dengan air hangat.

 (Baca Juga: 7 Cara Masturbasi Berbahaya yang Sering Dilakukan Pria dan Wanita)

4. Es batu

Es akan menenangakan lidah dan meredakan rasa sakit dengan segera. Caranya Anda hanya perlu untuk menempelkan es batu pada bagian lidah yang melepuh atau gosok dengan lembut sampai lidah menjadi mati rasa.

5. Madu

Madu juga mengandung sifat anti-inflamasi, analgesik, dan antibakteri yang sangat bermanfaat dalam mengobati lecet di lidah. Celupkan kapas ke dalam madu dan oleskan secara perlahan. Biarkan selama 5 menit lalu kumur mulut dengan air bersih.

6. Jahe dan bawang putih

Jahe dan bawang putih juga diketahui mengandung sifat anti-inflamasi dan analgesik yang kuat dan bisa menyembuhkan lecet lidah yang menyakitkan. Kunyah bawang putih atau jahe beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini