Jangan Sembarangan, Ini Loh Bahan Alami Rekomendasi Dokter Kulit yang Bisa Sembuhkan Jerawat

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 25 194 1850241 jangan-sembarangan-ini-loh-bahan-alami-rekomendasi-dokter-kulit-yang-bisa-sembuhkan-jerawat-ndNxJxi9am.jpg Kunyit bahan alami untuk atasi jerawat (Foto:Noumagazine)

JERAWAT merupakan masalah yang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Selain dapat mengganggu penampilan, bila dibiarkan, jerawat dapat membuat kondisi sekitar kulit memerah hingga meradang.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bahan alami dari dapur sendiri. Namun, faktanya tidak semua bahan yang digunakan sesuai untuk kulit terlebih lagi bagi kulit berjerawat.

Karena itu, dokter kulit merekomendasikan beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Berikut ulasannya, seperti dilansir Womenshealthmag, Jumat (26/1/2018).

BACA JUGA:

Keren! Ada Jaket yang 'Diseduh' Mirip Ramen Instan

Es batu

Ya, sensasi dingin nan menyegarkan dari es batu memiliki manfaat yang baik untuk menyembuhkan jerawat meradang. Anda bisa membungkus es batu dengan handuk lalu terapkan pada kulit yang berjerawat. Cara pengaplikasiannya, cukup tekan selama beberapa menit. Jangan terlalu kencang karena bisa melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

Aspirin dan air hangat

Cara lain untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat jerawat, gunakan aspirin. Menurut dokter kulit Joshua Zeichner, MD, kandungan asam salisilat tidak sepenuhnya menghilangkan minyak pada kulit wajah. Karena itu, coba beralihlah pada aspirin. Caranya, hancurkan aspirin dan tambahkan air hangat. Setelah menjadi pasta, aplikasikan pada kulit yang berjerawat.

BACA JUGA:

10 Hal Sebetulnya Tidak Dipedulikan Pria, Jadi Jangan Terlalu Baper Ladies!

Masker madu dan kunyit

Banyak masker dari bahan alami yang diklaim bisa menyembuhkan jerawat. Namun, menurut dokter kulit, masker madu dan kunyit terbukti ampuh untuk mengatasinya. Campurkan setengah sendok teh kunyit yang sudah halus dan satu sendok makan madu.

Aplikasikan dalam keadaan kulit wajah yang basah, diamkan selama 5 menit. "Kunyit memiliki kandungan anti pembengkakan, sementara madu memiliki kandungan antimikroba. Kedua bahan ini bisa mengurangi ukuran dan masalah jerawat," tutur dermatologi Marnie Nussbaum, M.D.

Tea tree oil

Tea tree oil juga bisa dicoba sebagai bahan alami untuk mengobati jerawat. Kandungan anti mikorba di dalamnya berguan untuk mengurangi masalah jerawat. Cara pengaplikasiannya, pastikan campurkan tea tree oil dengan sedikit air. Mengaplikasikannya pada kulit wajah secara langsung bisa menyebabkan iritasi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini