Bikin Sendiri Ubi Kopong, Camilan yang Lagi Laris Manis

Agregasi Grivy.com, Jurnalis · Kamis 25 Januari 2018 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 25 298 1850071 bikin-sendiri-ubi-kopong-camilan-yang-lagi-laris-manis-B56PoDV7SI.jpg Ubi kopong (Foto:Ilustrasi/Idntimes/Grivy)

SUDAHKAN  Anda mencoba camilan bola ubi kopong? Jajanan yang sedang hits belakangan ini sebetulnya adalah campuran antara ubi dan tepung tapioka, lalu dibentuk bulat seperti bola. Nah, ada beberapa versi camilan bola ubi, yakni yang berisi cairan gula merah dan kopong alias ada rongga di dalamnya dan kosong. Jika digigit, tekstur bola ubi kopong ini terasa renyah banget. Wajar, jika dalam waktu singkat, camilan ini langsung populer di lidah masyarakat.

Nah, alih-alih membelinya, Anda bisa juga, lho, membuatnya di rumah. Apalagi, bahannya tergolong sederhana. Lantas, bagaimana caranya?

BACA JUGA:

5 Cara Menghindari Makan Berlebihan di Malam Hari

Bahan:

500 gram ubi jalar

100 gram tepung tapioka

4 sendok makan gula pasir, atau bisa diganti dengan 3 sendok makan gula halus

2 sendok makan baking powder

Minyak goreng

Cara membuat:

1. Kupas dan cuci ubi jalar hingga bersih

Anda juga bisa mengganti ubi jalar dengan jenis ubi ungu. Setelahnya, kukus ubi yang sudah dikupas hingga empuk matang; atau kira-kira selama 15 hingga 20 menit.

2. Haluskan Ubi

Setelah dikukus, cara selanjutnya cukup menghaluskan ubi tersebut hingga lembut. Haluskan selagi panas dan segera pisahkan dengan serat-seratnya. Di sini, Anda bisa menggunakan garpu atau alat masak lainnya.

 BACA JUGA:

Salah Kaprah tentang Konsumsi Susu Kental Manis dan Penyajian Susu Bubuk

3. Campur dengan Bahan Lain

Setelah halus, campurkan ubi jalar dengan beberapa bahan lain, seperti tepung tapioka, gula pasir, dan baking powder. Aduk dengan tangan hingga merata.

4. Bulatkan Adonan

Bentuk adonan tadi hingga berbentuk bola. Untuk ukurannya, Anda bisa membulatkan sesuai selera. Namun, jangan sampai terlalu besar, ya.

 

5. Goreng

Goreng bola-bola ubi tadi di minyak panas. Usahakan, apinya jangan terlalu besar untuk mencegah bola ubi cepat gosong. Nah, untuk membuat tekstur kopong, Anda bisa membolak-balik ubi sembari ditekan-tekan. Setelah berwarna cokelat, segera angkat dan tiriskan bola ubi tadi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini