nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inspirasi Bekal Makan Siang Praktis dan Sehat untuk Anak

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 05:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 25 298 1850085 inspirasi-bekal-makan-siang-praktis-dan-sehat-untuk-anak-UGmRA1sg0g.jpg Lunch Box (Foto: Today)

BEKAL makan siang adalah salah satu hal yang dipersiapkan seorang ibu di pagi hari. Bagi ibu yang bekerja mungkin akan menemukan kesulitan ketika menyiapkan makanan sehat dan bernutrisi untuk anak. Waktu yang terbatas kadang membuat ibu tidak sempat menghias makanan agar terlihat lebih menarik untuk dimakan anak.

Beruntung ahli diet dari Australia, Susie Burrell baru-baru ini membagikan inspirasi bekal makan siang yang segar, sehat, dan menggairahkan. Melansir Daily Mail, Kamis (25/1/2018), berikut makanan yang bisa disiapkan tanpa membuang banyak waktu:

 BACA JUGA:

Jangan Malas Makan Sayur, Konsumsi Rutin Kacang Polong dan Brokoli Cegah Obesitas

Makanan ringan

Bekal makan siang tidak harus berupa nasi. Ibu bisa menyiapkan sebungkus biskuit gandum rasa keju, potongan buah seperti anggur atau stroberi, tomat atau paprika yang diiris panjang, dan empat daging kalkun yang dibuat bola. Jangan lupa untuk membawakan air mineral.

Menu ini bisa dijadikan pilihan mengingat banyak anak yang membawa bekal makanan ringan tidak sesuai porsinya. Sebut saja bar muesli, keju dan kemasan saus, potongan buah, keripik kentang, dan snack bar yang terlalu banyak. "Makanan ringan yang seringkali dibawa anak adalah makanan olahan yang menawarkan sedikit nutrisi dan banyak anak yang mengonsumsi lebih dari satu makanan ringan kemasan setiap hari," jelas Susie.

Sandwich

Ini adalah pilihan bekal makan siang yang cukup praktis. Ambillah dua helai roti gandum dan masukkan makanan kaya protein seperti ham, tuna, dada ayam, atau telur. Makanan kaya protein akan membantu anak-anak tetap kenyang hingga sore hari.

Minuman bernutrisi

Tak hanya makanan, ibu juga bisa menyiapkan minuman bernutrisi seperti jus buah atau susu. Akan tetapi, bila ingin membuat jus buah perhatikan jumlah buah yang digunakan. Jangan sampai anak terlalu banyak mengonsumsi buah karena meskipun sehat, buah tetap mengandung kalori. Ibu juga bisa membawakan keju atau yoghurt jika memungkinkan.

 BACA JUGA:

6 Kondisi Paling Umum Penyebab Tulang Dada Terasa Sakit

Berikan kebebasan anak untuk memilih

Mungkin ada ibu yang takut anaknya tidak menghabiskan bekal makan siang karena merasa tidak suka. Pada akhirnya mereka membawakan bekal sesuai keinginan anak yang belum tentu bernutrisi, tapi yang penting di makan. Jika Anda berada dalam kondisi serupa, tawarkan varian bekal makan siang namun tetap ditentukan. Sediakan setidaknya dua jenis makanan yang bisa dipilih anak.

"Batasi pilihan anak hanya dengan satu atau dua makanan untuk menghindari negosiasi yang tidak pernah berakhir bila Anda memberikan kebebasan pada mereka," pungkas Susie.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini