nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Cerdas Agar Roti Tetap Segar Lebih Lama

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 09:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 25 298 1850320 4-cara-cerdas-agar-roti-tetap-segar-lebih-lama-FZrwzHNIfs.jpg Ilustrasi (Foto: Taste)

ROTI tidak bisa dipungkiri memainkan peran penting dalam dunia kuliner. Kehadiran roti dalam bentuk roti isi, roti panggang, sandwhich, hingga puding, pada dasarnya selalu mewarnai hari-hari kita dalam beraktivitas.

Yup, roti memang menjadi makanan tercepat dan mudah untuk dikonsumsi orang-orang yang selalu bepergian. Namun, roti segar andalan ini tentunya hadir dengan masa simpan tertentu di luarnya sehingga bisa menjadi basi dan tidak termakan, karena adanya pati di dalam roti.

Akan tetapi sayang rasanya jika kita harus membuang-buang sisa potongan roti hanya karena telah mengeras. Lalu apakah ada cara agar bisa membuat roti segar lebih lama? Mewarta Ndtv, Jumat (26/1/2018) ini dia penjelasannya:

1. Jangan simpan di lemari pendingin

Biasanya hal pertama yang kita lakukan setelah menggunakan roti adalah dengan menyimpan sisanya di kulkas. Well, tahukah bahwasanya hal ini dapat mempercepat proses degradasi pati dan mempercepat hilangnya kelembaban yang menyebabkan roti menjadi basi.

 (Baca Juga: Kunyit Bantu Tingkatkan Daya Ingat dan Mengurangi Depresi)

2. Bungkus roti dengan foil atau plastik zip lock

Disebutkan, salah satu satu cara terbaik untuk menjaga roti Anda dari terjadinya proses staling yakni dengan membungkusnya dengan kertas timah (foil) atau memasukkannya di dalam kantung zip lock. Pastikan ketika membungkus roti, tidak ada sedikitpun tetesan air yang termasuk ke dalam kemasan bungkusan. Sedikit saja kelembaban akan cepat menyebabkan perkembangan jamur sehingga membuat roti jadi basi.

3. Simpan dalam wadah roti berukuran besar

Tempatkan roti di dalam wadah yang besar untuk menciptakan lingkungan yang menyeimbangkan kelembapan yang diinginkan, untuk interior lembut dan sirkulasi udara. Usahakan untuk tidak terlalu mengisi penuh wadah kotak roti karena bisa membuat sirkulasi udara menjadi terjebak dan malah menciptakan ketidakseimbangan kelembaban. Hindari juga menempatkan kantong kertas di dalam wadah kotak roti tersebut.

 (Baca Juga: Kombinasikan Makanan-Makanan Ini Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?)

4. Jangan didinginkan, tapi bekukan

Pembekuan roti disebutkan dapat mencegah terjadinya proses staling karena lingkungan suhu dingin diketahui dapat menghambat degradasi pati, sehingga 'menahan' roti agar bisa berada dalam kondisi stabil. Pastikan Anda membungkus roti dengan plastik dan kemudian membekukannya tepat setelah selesai memakai atau menggunakan roti. Jika berencana untuk mengonsumsinya, makanlah dengan benar setelah roti tersebut dilunakkan.

Semoga tips sederhana ini bisa membantu roti tetap segar sedikit lebih lama. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya dalam kurun waktu seminggu untuk menghindari masalah kesehatan karena pengawet yang ada di dalamnya. Jika Anda melihat jamur sudah terbentuk pada potongan roti, buang segera roti tersebut.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini