Image

Penampakan Rumah Peninggalan Bangsa Romawi yang Paling Terawat di Dunia

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 09:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 25 406 1850350 penampakan-rumah-peninggalan-bangsa-romawi-yang-paling-terawat-di-dunia-dIG3FwRw5N.jpg Rumah Bath peninggalan Bangsa Romawi (Foto: Thevintagenews)

BANGSA Romawi Kuno terbukti menguasai arsitektur dan selalu mengadopsi teknik baru dalam membangun serta menggunakan bahan baru untuk menciptakan bangunan monumental, beberapa di antaranya masih dalam kondisi yang sangat baik.

Dalam waktu singkat, bangsa Romawi berhasil mengubah wajah benua Eropa. Penggunaan beton dan mendirikan bangunan luas mungkin merupakan inovasi terbesar yang diperkenalkan orang Romawi di bidang arsitektur.

Bangsa Romawi Kuno yakin bahwa Kekaisaran mereka akan bertahan selamanya, jadi tidak mengherankan jika mereka mendirikan bangunan yang tahan lama. Beberapa tempat tinggal peninggalan Romawi yang terawat dengan baik dapat ditemukan hampir di mana-mana di wilayah bekas Kekaisaran, namun hanya sedikit yang kondisinya baik. Seperti salah satu bangunan di kota Bath, Inggris, bangunan ini termasuk yang paling terawat.

 (Baca Juga: Kunjungi Cologne, Pusatnya Oleh-Oleh dengan Harga Murah di Jerman)

Terletak di Kabupaten Somerset, kota Bathn, konon bangunan memiliki asal-usul yang misterius. Menurut legenda, didirikan pada tahun 863 SM oleh Bladud, raja kedelapan Inggris, yang secara ajaib menyembuhkan dirinya dari kusta setelah mandi di kolam mata air yang terdapat di kompleks bangunan tersebut. Setelah itu, barulah dia memindahkan istananya ke sana.

 

Di salah satu area yang ada di bangunan ini terdapat kolam mata air panas, maka tak heran bangunan ini diberi nama Bath House. Situs tersebut dianggap suci oleh orang Celtic yang tiba di kawasan ini sekitar 700 tahun sebelum kependudukan Romawi. Mereka menghubungkan kekuatan penyembuhan mata air dengan sosok Dewi Sulis dan mendirikan kuil untuk menghormatinya.

Setelah bangsa Romawi tiba di tempat ini, mereka mulai membangun kompleks di tempat suci dan menamainya dengan Aquae Sulis, yang diterjemahkan menjadi "mata air Sulis."

 (Baca Juga: Ditutup Selama 24 Tahun, Bandara di Inggris Ini Akan Beroperasi Lagi)

Orang Romawi rupanya menyadari pentingnya kesaktian Sulis terhadap orang-orang di barat daya Inggris dan memutuskan untuk mempersembahkan situs tersebut kepada Sulis dan dewi penyembuhan Romawi, Minerva.

 

Kompleks pemandian dan kuil mata air ini didirikan pada tahun 75 M dan tidak memakan waktu lama. Mata air suci ini dikenal karena memiliki kekuatan dalam menyembuhkan penyakit, dan selama bertahun-tahun kompleks mandi menjadi tempat peristirahatan favorit bagi orang-orang Romawi.

 (Baca Juga: Asyik, Masuk Wisata Gunung Galunggung Kini Cukup Sekali Bayar)

Mundurnya Kekaisaran Romawi membuat kondisi kompleks ini memburuk dan bak mandinya tersendat karena tidak terawat. Kehidupan di kota Bath baru berlanjut setelah orang Romawi meninggalkan Inggris pada 407 M.

Namun butuh waktu lebih dari 1.000 tahun untuk merenovasi kembali, sebelum bath house akhirnya diperbaiki dan menjadi salah satu banguan bersejarah di Inggris. Kini komplek ini menjadi resor yang indah dan terdapat fasilitas spa yang modern. (tam)

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini